Segera Hapus 9 Aplikasi Android Ini Karena Bica Curi Password Akun Facebook Kamu!

Google Playstore memang tempat untuk download aplikasi perangkat Android, tapi apakah kamu tahu bahwa ada Aplikasi yang berbahaya karena bisa mencuri Password Akun Facebook kamu.

Seperti yang telah dilakukan oleh Google baru-baru ini, dimana mereka menghapus 9 Aplikasi di Playstore karena dianggap berbahaya dan ketahuan bisa mencuri data password Facebook pengguna aplikasi itu.

Google meminta kepada para pengguna perangkat Android yang telah mengdownload aplikasi-aplikasi berbahaya ini untuk segera menghapusnya, karena secara total keseluruhan dari 9 aplikasi nakal ini telah didownload sebanyak 5,8 juta kali.

Aplikasi-aplikasi yang berbahaya ini menyamar dalam bentuk aplikasi gratis dengan fitur edit foto, olahraga, horoskop dan yang lainnya. Penggunanya yang mendownload aplikasi tersebut diminta untuk login menggunakan Facebook, nah disitulah mereka beraksi untuk mencuri data password akun Facebook penggunanya.

Hal tersebut dibenarkan juga oleh perusahaan Antivitus asal Rusia Dr.Web yang membuat laporan bahwa 9 aplikasi berbahaya ini memiliki layanan dan fungsi normal. Tetapi penggunanya diminta untuk login dengan akun Facebook agar bisa membuka fitur premium atau menghilangkan iklan yang tampil di aplikasinya.

Hasil dari Analisa Dr. Web, ada 10 Aplikasi berbahaya dan 9 diantara daftarnya itu ada di Google Playstore. Berikut ini Daftar aplikasi berbahaya yang wajib kamu hapus ketika sudah mendownloadnya :

9 Aplikasi Android Yang Berbahaya

Google Play store

Aplikasi edit Foto dengan PIP Photo dan Processing Photo adalah 2 aplikasi yang ada di Playstore dan paling banyak didownload diantara 9 aplikasi berbahaya yang bisa curi Password akun facebook ini. Berikut ini adalah detail Aplikasi berbahayanya yang wajib kamu tahu dan hapus.

  • PIP Photo (5,8 juta download)
  • Processing Photo (500.000 download)
  • Rubbish Cleaner (100.000 download)
  • Horoscope Daily (100.000 download)
  • Inwell Fitness (100.000 download)
  • App Lock Keep (50.000 download)
  • Lockit Master (5.000 download)
  • Horoscope Pi (1.000 download)
  • App Lock Manager (10 download)

Beberapa Analisis menemukan 5 varian malware yang disembunyikan didalam aplikasi-aplikasi ini dan 3 diantaranya adalah native untuk aplikasi Android, sedangkan sisanya (2 aplikasi) mereka rancang menggunakan framework Flutter dari Google agar bisa menyasar lintas platform.

Pengguna perangkat Android yang sudah terlanjur mendownload salah satu dari daftar aplikasi berbahaya itu untuk segera menghapusnya dan selanjutnya bisa melakukan update informasi login di Facebook (ganti password) agar akun FB kamu tetap aman.

Google juga telah mengklaim bahwa 9 aplikasi berbahaya ini telah dihapus dari playstore dan developer dari aplikasi-aplikasi ini juga sudah diblokir dari akses ke Playstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *