cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul

Sinyal 4G Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya!

Jaringan 4G dari setiap Provider yang kita gunakan memang memiliki kecepatan yang cukup bagus ketika digunakan untuk video call whatsapp, bermain sosmed ataupun untuk bermain game online. Tapi apakah kamu pernah mengalami sinyal 4G tidak muncul? berikut ini solusi untuk mengatasinya.

Ketika kamu mengalami masalah sinyal 4G tidak muncul (hilang tiba-tiba) atau jaringannya 4G tidak full tentu akan mengakibatkan koneksi jaringan internetnya jadi lemot. Tapi hal seperti itu sebenarnya sering terjadi dan merupakan hal biasa ketika kualitas jaringan 4G berubah menjadi sinyal H (HSDPA), E (EDGE), 3G atau 2G yang disebabkan beberapa faktor.

Beberapa faktor utama yang menyebabkan sinyal 4G tidak muncul itu biasanya disebabkan oleh cuaca yang buruk, tempat atau lokasi kamu saat itu tidak terjangkau (tercover) jaringan 4G dan bisa juga karena banyaknya yang menggunakan provider yang sama dengan yang kamu gunakan.

Cara Agar Jaringan atau Sinyal 4G Jadi Full

cara mengatasi jaringan 4g yang lemot
Cara mengatasi jaringan 4g yang lemot (ilustrasi)

Dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi sinyal 4G tidak muncul ataupun jaringan 4G yang lemot. Kamu bisa mencoba salah satunya untuk memperkuat sinyal 4G untuk semua provider (Telkomsel, Tri, Indosat, XL ataupun Smartfren).

Ubah Ke Mode Pesawat

Setiap smartphone pasti memiliki mode pesawat atauh Airplan Mode yang secara otomatis akan mematikan koneksi jaringan. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menonaktifkan sinyal/jaringan seluler sementara (dalam beberapa menit) kemudian diaktifkan lagi.

Fungsinya ada merefresh kembali sinyal yang ditangkap oleh smartphone, sehinyaa sinya 4G yang awalnya tidak muncul atau hilang bisa kembali ditangkap full oleh perangkat sinyal di Samrtphonemu.

Ubah Mode Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba ada lah mengubah Mode jaringan 4G ke 3G saja. Tapi dalam beberapa waktu kedepan kamu bisa mengubahnya kembali ke posisi Mode jaringan 4G. Dengan cara ini smartphonemu akan kembali merefresh sinyal yang ditangkap.

Pindah Posisi

Ketika tiba-tiba sinyal 4G hilang, faktor yang pertama mungkin karena posisimu yang terhalang oleh gedung/dinding sehingga kekuatan sinyal 4G dari siprovider yang kamu gunakan tidak kuat untuk masuk ke ruanganmu.

Coba untuk berpindah ke posisi atau ruangan yang lebih terbuka, maka kamu akan mendapatkan sinyal 4G yang lebih kuat.

Restart Hp

Jika 3 cara tersebut masih saja tidak bisa menangkap jaringan 4G, padahal temanmu bisa tetap mendapatkan maka cara terakhir yang bisa dicoba itu adalah dengan merestart HP atau smartphone yang kamu gunakan.

Dengan kamu melakukan restart, maka data cache yang ada di smartpone ada dimuat ulang dan juga fitur jaringannya akan kembali di refresh.

Itulah beberapa solusi atau cara mengembalikan sinyal 4G yang hilang, semoga ini bisa bermanfaat untuk membantu kamu menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *