Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Connect Wifi

Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Connect Wifi

Jika kamu lebih banyak memiliki kegiatan diluar rumah/kantor dan membutuhkan akses internet, maka solusinya adalah kamu harus punya Laptop. Tapi bagaimana ketika menemukan masalah seperti laptop tidak bisa connect Wifi?

Komputer Jinjing atau lebih dikenal dengan sebutan Laptop ini merupakan komputer pribadi yang sangat mudah dibawa kemana saja dan bisa digunakan oleh siapa saja, baik itu pelajar, pekerja ataupun pengusaha. Ketika membutuhkan koneksi internet juga sangat mudah untuk menyambungkannya karena laptop memiliki fitur Wifi yang mudah disambungkan ke hotspot pribadi (dari handphone) ataupun jaringan wifi disekitarmu.

Tapi, banyak yang mengalami masalah tiba-tiba laptop tidak bisa connect wifi, yang mana sebelumnya masih normal-normal saja ketika menggunakan jaringan wifi ditempat lain. Kira-kira penyebabnya apa ya?

Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Taman kota, ruang publik, Mall, Cafe, perkantoran, kampus hingga sekolah saat ini banyak menyediakan akses Wifi secara gratis yang tentunya akan memudahkan orang-orang yang berkunjung dan membutuhkan akses internet ketika bekerja menggunakan laptop.

Hal utama yang harus kamu ketahui ketika ingin menghubungkan laptop dengan jaringan Wifi/hotspot adalah username atau password wifi itu sendiri, karena jika kita tidak tahu maka sudah dipastikan laptop tidak bisa connect wifi. Tapi, hal seperti itu sebenarnya bukan masalah serius, karena cukup dengan menanyakan password ke pemilik atau petugas ditempat kamu mengakses Wifi.

Yang sering terjadi juga adalah password wifi sudah benar tapi tidak bisa connect di laptopnya atau Wifi sudah tersambung tetapi tidak bisa akses internet. Nah, hal seperti ini biasanya ada kesalahan pada bagian hardware, software atau pengaturannya.

Baca Juga:  Ini dia 3 Ciri-ciri Hp BM yang beredar di Indonesia

Penyebab laptop tidak bisa connect wifi (baik itu pengguna Windows 7 ataupun Windows 10) itu bermacam-macam, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lampu indikator Wifi di laptop tidak nyala atau status off (biasanya ada tanda sinyal silang warna merah di pojok kanan bawah). Itu artinya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu dengan cara menekan tombol wifi, Tapi jika sudah diaktifkan tetapi indikator sinyal tetap silang merah, bisa dianalisa ada kerusakan pada hardware wireless networknya.
  • Tidak ada icon sinyal (internet access) ditaskbar padahal sudah menghidupkan wifi, itu biasanya ada masalah dengan driver Wifinya atau mungkin belum terinstal dengan benar.
  • Jika menggunakan SSH atau proxy tertentu, biasanya akan tidak bisa akses internet meskipun laptop sudah terhubung dengan hotspot wifi.
  • Password Wifi salah
  • Ada keterangan Limited Access pada jaringan Wifi itu biasanya kamu tidak akan bisa akses internet meskipun sudah terhubung dengan wifi

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak bisa Connect Wifi

Penyebab laptop tidak bisa connect wifi itu biasanya yang paling sering terjadi adalah salah memasukkan passwordnya saja, tapi jika password sudah benar dan laptop tetap tidak bisa menyambungkan ke jaringan Wifi tersebut, maka kamu bisa coba mengatasinya dengan cara berikut ini :

Baca Juga:  Tips Jitu Optimalkan Bisnis Kamu di Instagram

pengaturan ip otomatis

  1. Langkah pertama bisa langsung klik Start – Control Panel > Network and Internet
  2. Kemudian pilih Network and Sharing Center dan lanjut pilih Change Adapter Setting
  3. Setelah itu klik kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
  4. Pada tab Networking cari Intenet Protocol Version 4 dan klik 2X maka akan muncul pengaturan IP Address
  5. Pilih “Obtain IP Address Automatically” dan “Obtain DNS Server Address Automatically” Klik OK untuk menyimpan pengaturannya

Setelah melakukan pengaturan seperti diatas, coba ulangi untuk connect ke Wifi, jika masih bermasalah (tidak terhubung ke laptop atau jaringan internetnnya tidak bisa diakses) maka bisa dianalisa ada kesalahan pada driver wireless networknya. Kamu bisa melakukan pengecekan atau update dengan cara berikut ini :\

  1. Cari My Computer pada dekstop kemudian klik kanan dan pilih Manage dan setelah itu pilih Device Manager
  2. Selanjutnya carai Network Adapter, jika ada tanda seru (biasanya warna kuning) berarti driver wifi kamu bermasalah dan cara mengatasinya bisa langsung mengikuti caranya seperti ini :
  3. Pada bagian Network Adapternya tadi cari hardware Wifi kemudian klik kanan dan Uninstal
  4. Setelah itu klik kanan lagi dan pilih Scan for Hardware Changes, agar laptop tadi melakukan instal ulang driver wifinya.

Setelah selesai proses instal driver baru, tutup jendela Device Manager dan kamu bisa coba kembali untuk menghubungkan laptop ke Hotspot Wifi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *