Cara Mengatur Jam di Laptop Windows 7

Cara Mengatur Jam di Laptop Windows 7 Agar Tidak Berubah Terus!

Apakah kamu mengalami masalah dengan jam di laptop atau komputer yang setiap harus harus di setting manual karena selalu berubah dan tidak sesuai? nah, berikut ini ada cara mengatur jam di laptop windows 7 agar tidak berubah.

Untuk mengatasi masalah jam di laptop selalu berubah-ubah sangatlah mudah, kamu hanya perlu kembali melakukan setting waktu dengan cara klik 2X di tampilan jam di pojok kanan bawah. Adapun detail cara mengatur jam di laptop windows 7 agar tidak berubah adalah sebagai berikut:

Cara Mengatur Jam di Laptop Windows 7

Ada solusi terbaik untuk mengatasi masalah jam dilaptop tidak otomatis dan selalu harus dirubah manual, caranya adalah kamu bisa mengunci waktu/jam lokalnya dengan cara berikut ini :

Cara mengunci jam di windows 7 agar tidak berubah

 

  • Langkah pertama bisa langsung kliks Start dan pilih Control Panel
  • Setelah itu pilih System and Security dan pilih lagi Administrative Tools
  • Atau jika ingin cara cepat, kamu bisa klik start dan dikolom pencariannya ketikkan “Administrative Tools”
  • Lanjut, klik Local Security Policy dan akan muncul Tab Baru
  • Klik local policies kemudian pilih User rights assignment
  • Dikolom sebelah kanannya cari Change the system time lalu klik kanan dan pilih Properties
  • akan muncul tab baru lagi dan terdapat kolom yang bertuliskan Administrator dan Local Service
  • Hapus keduanya itu dan kemudian restart.

Nah cara ini sangat baik untuk yang mengalami malasah dari tangan-tangan jahil yang suka mengganti-ganti jam. Lalu bagaimana cara mengatasi jam di windows 7 yang eror karena system atau baterai CMOSnya yang sudah lemah? sehingga jam di dekstop windows tidak sesuai, Untuk mengatasi masalah seperti itu kamu bisa melakukan setting waktu dengan 2 cara (manual atau otomatis). Berikut ulasannya :

Cara setting waktu manual di dekstop Windows 7

setting manual jam di windows 7

Untuk mengubah tanggal dan waktu (jam), kamu bisa langsung klik kanan pada ikon jam yang ada di taskbar atau di pojok kanan bawah (jam dan tanggal) dan pilih Adjust date/time kemudian dilanjutkan pilih Change date and time.

Setelah cara ini akan muncul tab baru berupa kolom tanggal dan jam, disini kamu bisa langsung sesuaikan dengan jam yang ada di HP atau jam dinding dirumah. Setelah itu klik OKE agar perubahan yang dilakukan tersimpan disistem windowsnya.

Jika Time Zone nya salah dan ingin dirubah, kamu bisa langsung klik menu Change time zone. Pilih sesuai dengan zona wilayahmu. jika berada di wilayah Waktu Indonesia Tengah (WITA) kamu bisa menggunakan UTC+8 Kuala Lumpur. Tapi jika wilayahmu masuk ke Waktu Indonesia Barat (WIB) bisa pilih UTC+7 Bangkok, Hanoi, Jakarta.

Cara setting waktu dan tanggal secara otomatis

cara merubah jam diwindows secara otomatis

Ada persyaratan khusus jika kamu ingin mengubah jam di laptop Windows 7 secara otomatis, syaratnya adalah perangkat tersebut harus terhubung ke internet. Langkah-langkah update jam secara otomatis adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan jam yang ada ditaskbar (pojok kanan bawah) kemudian pilih Adjust date/time
  • Setelah itu pilih Internet Time dan dilanjutkan pilih Change Settings
  • Ada tab baru yang muncul, disitu jangan lupa untuk pencentang Synchronize with an Internet time server
  • Pada kolom server pilih yang time.windows.com setelah itu klik update now dan tunggu beberapa saatklik OK setelah proses selesai dan jam sudah berubah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kembali mengatur jam di laptop windows 7 agar tidak berubah-ubah. Tapi, ada yg ingin tau apa penyebabnya jam di laptop itu bisa berubah dan tidak sesuai dengan real time.

Penyebab Jam di Laptop Windows Sering Bermasalah

Ada beberapa hal penting yang menyebabkan Jam pada windows sering bermasalah seperti berubah tidak sesuai dengan waktu aslinya. Penyebab yang sering terjadi adalah karena CMOS Battery yang sudah lemah, jika terjadi seperti itu kamu bisa menggantinya dengan baterai baru yang bisa kamu beli di toko komputer.

Hal lain yang mungkin bisa berbahaya pada keamana data-data yang tersimpan dilaptop adalah Malware atau virus karena mereka juga bisa menyerang sistem pengaturan waktu di windows. Jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan antivirus yang update.