Cara Memperbaiki Komputer yang Selalu Startup Repair
Cara Memperbaiki Komputer yang Selalu Startup Repair

Cara Memperbaiki Komputer yang Selalu Startup Repair

Ketika komputer Anda selalu gagal dalam proses startup, startup repair (perbaikan startup) akan berjalan. Ini adalah cara sistem operasi Windows memperbaiki kesalahan yang terjadi pada saat startup. Namun, terkadang startup repair tidak akan berhasil. Ini artinya, Anda perlu melakukan beberapa cara memperbaiki komputer yang selalu startup repair.

Cara 1: Periksa File Sistem

Jika komputer Anda selalu startup repair, pertama-tama Anda harus memeriksa file sistem. Untuk melakukan ini, Anda perlu masuk ke menu startup repair. Di sana, Anda akan menemukan opsi untuk menjalankan perintah “chkdsk/f”. Ini akan memeriksa file sistem untuk melihat apakah ada kesalahan, dan jika ada, akan memperbaikinya secara otomatis. Jika perintah ini berhasil, Anda harus dapat masuk ke sistem Windows lagi.

Cara 2: Perbaiki Boot Configuration Data

Jika cara pertama tidak berhasil, maka Anda harus mencoba cara kedua, yaitu memperbaiki Boot Configuration Data (BCD). Ini akan membantu Anda memperbaiki kesalahan di file sistem yang membuat komputer Anda selalu startup repair. Untuk melakukan ini, Anda harus masuk ke menu utama startup repair, dan kemudian memilih opsi “bootrec/fixboot”. Ini akan memulai proses memperbaiki BCD, dan jika berhasil, Anda harus bisa masuk ke sistem Windows lagi.

Cara 3: Reset Sistem

Jika cara kedua juga tidak berhasil, maka Anda harus mencoba cara ketiga, yaitu mereset sistem. Anda harus menggunakan opsi “bootrec/fixmbr” di menu startup repair untuk melakukannya. Ini akan menghapus semua data yang ada di partisi sistem Windows, sehingga Anda akan kehilangan semua data yang ada. Namun, jika berhasil, Anda akan bisa masuk ke sistem Windows lagi tanpa masalah.

Cara 4: Jangan Mengatur Ulang Sistem Operasi

Jika cara ketiga juga tidak berhasil, maka Anda harus mencoba cara terakhir. Jangan mengatur ulang sistem operasi. Setelah Anda masuk ke menu startup repair, Anda harus memilih opsi “bootrec/scanos”. Ini akan mencari sistem operasi yang terpasang di komputer Anda, dan jika berhasil, Anda akan bisa masuk ke sistem Windows lagi tanpa masalah.

Kesimpulan

Cara memperbaiki komputer yang selalu startup repair dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Pertama, Anda harus memeriksa file sistem dengan menggunakan perintah “chkdsk/f”. Kedua, Anda harus memperbaiki Boot Configuration Data (BCD) dengan menggunakan perintah “bootrec/fixboot”. Ketiga, Anda harus mereset sistem dengan menggunakan perintah “bootrec/fixmbr”. Dan terakhir, Anda harus mencoba tidak mengatur ulang sistem operasi dengan menggunakan perintah “bootrec/scanos”. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda.