Cara Memperbaiki Komputer yang Terjadi Error Bootmgr is Missing
Cara Memperbaiki Komputer yang Terjadi Error Bootmgr is Missing

Cara Memperbaiki Komputer yang Terjadi Error Bootmgr is Missing

Error Bootmgr is Missing adalah error yang biasanya terjadi pada komputer berbasis sistem operasi Windows. Error ini menyebabkan komputer tidak dapat melakukan booting ke sistem operasi Windows. Error ini terjadi karena boot manager yang hilang dari sistem. Meskipun terlihat seperti kesalahan yang fatal, namun kesalahan ini dapat dengan mudah diperbaiki. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki komputer Anda yang terjadi error Bootmgr is Missing.

1. Memeriksa Kabel Power

Penting untuk memastikan bahwa kabel power yang Anda gunakan untuk menghubungkan komputer ke sumber daya listrik terpasang dengan benar. Jika kabel power tidak terpasang dengan benar, maka komputer Anda tidak akan mendapatkan cukup daya untuk melakukan booting. Jika kabel power terpasang dengan benar, Anda harus memeriksa konektor power untuk memastikan bahwa semua pin-nya terhubung dengan benar. Jika tidak, Anda harus merekatkan kembali pin-nya sebelum melanjutkan dengan cara memperbaiki komputer.

2. Mencoba Mengakses BIOS

Setelah Anda memastikan bahwa kabel power terpasang dengan benar, cobalah untuk mengakses BIOS dengan cara menekan tombol yang disediakan oleh produsen komputer Anda. Setelah masuk ke BIOS, Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah hard drive Anda terdeteksi oleh sistem. Jika hard drive tidak terdeteksi, maka Anda harus memeriksa kabel SATA atau kabel power yang menghubungkan hard drive ke motherboard. Jika kabel terdeteksi dengan benar, Anda harus memastikan bahwa hard drive terpasang dengan benar dan tidak ada kabel yang terlepas.

3. Menggunakan CD/DVD Installer Windows

Jika Anda memiliki CD/DVD installer Windows, Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki komputer Anda yang terjadi error Bootmgr is Missing. Caranya adalah dengan meletakkan CD/DVD installer Windows pada drive CD/DVD dan mengatur BIOS untuk memulai dari drive CD/DVD. Jika ini berhasil, Anda akan melihat tampilan instalasi Windows dan Anda dapat memulai proses instalasi Windows, yang akan menggantikan boot manager yang hilang.

4. Mengakses Command Prompt

Jika Anda tidak memiliki CD/DVD installer Windows, Anda dapat mengakses command prompt dengan menekan tombol F8 setelah komputer melakukan booting. Setelah masuk ke menu System Recovery Options, pilihlah opsi ‘Command Prompt’ dan masukkan perintah ‘bootrec /FixMbr’ untuk memperbaiki boot manager yang hilang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perintah ‘bootrec /FixBoot’ untuk memperbaiki boot sector yang rusak.

5. Memperbaiki Masalah Hard Drive

Jika Anda mengalami masalah hard drive, maka Anda harus memperbaikinya terlebih dahulu sebelum dapat memperbaiki komputer Anda yang terjadi error Bootmgr is Missing. Untuk memperbaiki masalah hard drive, Anda dapat menggunakan alat diagnostik hard drive yang disediakan oleh produsen hard drive Anda. Alat ini akan membantu Anda memperbaiki setiap masalah yang mungkin terjadi pada hard drive Anda.

6. Menginstal Ulang Sistem Operasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil memperbaiki komputer Anda yang terjadi error Bootmgr is Missing, maka Anda harus menginstal ulang sistem operasi. Hal ini akan menggantikan boot manager yang hilang dan memperbaiki masalah booting yang mungkin Anda alami. Akan tetapi, sebelum melakukan instalasi ulang, pastikan bahwa Anda memiliki semua data yang tersimpan di hard drive Anda, sehingga Anda dapat mengembalikannya setelah instalasi ulang.

Kesimpulan

Error Bootmgr is Missing adalah error yang terjadi pada komputer berbasis sistem operasi Windows. Error ini disebabkan oleh boot manager yang hilang dari sistem. Meskipun terlihat seperti kesalahan yang fatal, namun kesalahan ini dapat dengan mudah diperbaiki. Anda dapat menggunakan cara-cara seperti memeriksa kabel power, mengakses BIOS, menggunakan CD/DVD installer Windows, mengakses Command Prompt, memperbaiki masalah hard drive dan menginstal ulang sistem operasi untuk memperbaiki komputer Anda yang terjadi error Bootmgr is Missing.