6 aplikasi yang boros kuota internet

Ini 6 Aplikasi Paling Boros Kuota Internet, Bijaklah Dalam Menggunakannya!

Apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini? baru seminggu beli kuota internet tapi tiba-tiba habis dan akhirnya tidak bisa Whatsapp ataupun buka sosmed. Nah, sepertinya di HP kamu ada aplikasi paling boros kuota yang mana semakin lama kamu gunakan semakin besar penggunaannya.

Emang aplikasi apa ajah sih yang bikin boros paket internet itu? Ada banyak sebenernya dan yang paling banyak penggunaan kuota itu adalah akun sosial media, kenapa? karena ketika kamu mengakses aplikasi tersebut maka media foto hingga video akan otomatis terbuka yang tentunya akan menyedot kuota internetmu.

Bahkan ada juga aplikasi yang tidak kamu buka tetapi tetap menggunakan data internet yang lumayan besar. lalu bagaimana cara mengatasinya? tentunya kamu harus lebih bijak lagi ketika sedang mengakses aplikasi-aplikasinya ini, seperti mengurangi durasi aksesnya atau bisa juga menggunakan fasilitas wifi.

Untuk lebih jelasnya simak rangkuman 6 aplikasi paling boros kuota internet dan tips cara menghentikannya!

Youtube

Steaming youtube
Youtube, foto: Unsplash

Pasti sudah seringkan mengakses aplikasi yang satu ini, pandemi global yang mengharuskan kita tetap berkatifitas dari rumah ternyata berdampak pada penggunaa internet yang sangat tinggi dan Youtube adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk streaming video.

Tapi apakah kamu tau bahwa saat kamu menonton video di Youtube itu akan memakan banyak kuota internet? Ya inilah salah satu alasan kenapa kuota internet yang kamu beli cepat habis. Seperti yang diungkap oleh situs Canstar Blue, kamu akan menghabiskan paket data internet sebanyak 264MB ketika menonton video di youtube dengan resolusi 480p, video dengan resolusi 720p akan menghabiskan 870MB sedangkan video dengan resolusi Full HD (1080p) akan menghabiskan data internet sebesar 1,65GB.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebocoran kuota internet ketika menonton video di Youtube?

Nah, untuk mencegah agar tidak boros kuota internet saat streaming video di Youtube, kamu bisa mengubah pengaturan bawaannya dan caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Youtube kemudian pilih profile yang ada di sudut kanan atas
  2. Setelah itu pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler
  3. Kemudian slide menjadi On dan agar streaming video HD tidak bisa diakses menggunakan kuota seluler tetapi hanya WiFi saja.

Instagram

Instagram Bikin boros kuota internet
Instagram Explore, foto: Unsplash

Selanjutnya ada aplikasi Instagram yang jika kamu sering mengkaksesnya akan sangat banyak menggunakan kuota internet. Kenapa seperti itu? karena Instagram ini berbasis menampilkan gambar dan video yang tentunya pasti akan menggunakan kuota internet lebih besar jika dibandingkan dengan media sosial berbasis teks.

Tapi, pihak instagram juga sudah menambahkan pengaturan agar pada saat melihat feed video tidak secara otomatis diputar atau menceha preloading video. Berikut ini cara agar Intagram tidak boros kuota internet seluler :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Instagram dan masuk ke Profil > Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler
  2. Setelah itu aktifkan penghemat data (Instagram secara otomatis akan memutar media beresolusi tinggi dengan Wifi saja)

Tentunya dengan langkah kecil ini, kamu bisa lebih menghemat data seluler kamu dan agar lebih hemat lagi memasang wifi dirumah dengan berlangganan ke Indihome, Xlhome ataupun provider lainnya.

Facebook

Aplikasi Facebook bikin boros kuota

Kemudian aplikasi paling boros kuota seluler adalah Facebook, apalagi sekarang sudah ada menu watch yang memutar secara otomatis video-video berdurasi diatas 3 menit. Nah, diaplikasi Facebook juga kamu bisa mensetting pengaturan video agar tidak secara otomatis berjalan (autoplay). Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Facebook
  2. Kemudian pilih ikon tiga garis di bagian kanan atas.
  3. Setalah itu scroll ke bawah dan pilih Pengaturan > Pengaturan Akun > Video dan Foto > Autoplay.
  4. Dan dilanjutkan lagi dengan pilih “On Wi-Fi Connections Only” atau “Never Autoplay Videos”.

Twitter

Twitter app
Ilustrasi menggunakan twitter, Foto: businessinsider.sg

Walaupun Twitter ini adalah media sosial yang lebih berbasis pada teks singkat saja, tapi kenyataannya bisa membuat kuota internet jebol. Itu karena banyak juga yang memanfaatkan Twitter untuk sharing foto dan video yang tentunya ketika kita akses atau tonton, maka akan menggunakan kuota internet.

Yang paling sering menyedot kuota itu adalah video yang autoplay, adapun cara mencegahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Twitter kemudian masuk ke menu Pengaturan dan Privasi > Pemakaian Data
  2. Dipengaturan ini kamu bisa memilih opsi untuk mencentang penghemat data agar video tidak diputar secara otomatis (itu artinya kuota internet tidak akan terpakai untuk meload videonya)
  3. Bisa juga memilih video dengan resolusi tinggi hanya diputar dengan Wifi saja.

Netflix

Nonton film di netflix
Netflix, foto: huffpost.com

Ketika kamu memaksakan diri untuk menonton film di aplikasi Netflix, maka harus siap-siap kehabisan kuota internet seluler karena durasi filmnya yang 2 jam ini bisa menyedot habis kuota internetmu. Jadi, sangat disarankan memang ketika kamu ingin streaming film di Netflix alangkah baiknya menggunakan koneksi Wifi, apalagi ketika kamu sedang marathon film korea yang biasanya hingga 20 episode.

Ada tips agar kamu bisa menonton film di Netflix dengan kuota seluler dan tanpa takut kehabisan kuota yaitu dengan menurunkan kulitas videonya, cara-caranya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Netflix
  2. Kemudian pilih tombol tiga garis di bagian kiri atas
  3. Setelah itu scroll ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi > Penggunaan Data Seluler
  4. Matikan set otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau rendah ketika memakai mode seluler. Kamu bisa menonton 4 jam dan hanya menghabiskan 1 GB saja!

Nah, dengan cara ini kamu bisa menonton film hingga 4 jam dan hanya menghabiskan kuota internetnya sekitar 1GB saja. Belum punya akun netflix? Coba cek di Cara membuat akun netflix tanpa CC. Cara ini juga bisa kamu coba di aplikasi streaming film lainnya seperti Vidio, Disney hotstar, Iflix dan yang lainnya.

Spotify

cara dengarkan lagu offline di spotify
Spotify Offline, Foto: news.yahoo.com

Yang terakhir ada aplikasi untuk mendengarkan musik secara online yaitu Spotify. Buat kamu yang suka mendengarkan musik dan sering menggunakan aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox dan yang lainnya maka harus bisa mengatur jam penggunaanya karena aplikasi ini termasuk yang paling boros dalam penggunaan kuota internet.

Ada cara agar kuota internet kita tidak cepat habis ketika sering menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik, yaitu dengan mendownload lagu-lagu favoritmu terlebih dahulu dan dibuatkan album/playlist yang tentunya nanti bisa didengarkan secara offline tanpa menggunakan kuota internet.

Bagaimana? apakah kamu sudah mengikuti pengaturan-pengaturannya untuk Aplikasi Paling Boros Kuota Internet diatas ini agar tidak boros kuota? semoga ini bisa bermanfaat ya!