Kemendikbud Umumkan Bantuan Kuota Internet Tahun 2021 Ini Lebih Kecil, Kenapa?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud telah mengumumkan bahwa bantuan kuota internet gratis pada tahun periode ke-2 ini akan mulai disalurkan pada bulan Maren 2021 ini. Tapi, subsidi kuota internetnya berbeda dengan yang sebelumnya, yang mana kali ini lebih kecil.

Kenapa tahun ini kuota internet gratis dari Kemendikbud lebih kecil? Menurut Nadiem Makarim yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, perubahan besarnya subsidi kuota internet ini berdasarkan hasil masukan dari masyarakat juga. Alasan lainnya adalah upaya peningkatan fleksibilitas penggunaan bantuan kuota internetnya.

Jadi, kenapa besaran jumlah kuota internetnya lebih kecil itu sudah jelas alasannya diatas.dimana pada periode pertama itu terdapat pembagian tipe kuota internet (khusus belajar online dan umum). Nah karena kuota belajarnya tidak banyak yang digunakan, akhirnya di periode kedua ini kuota internet gratis dari kemendikbudn bulan Maret, April dan Mei 2021 hanya kuota umum saja.

Nah, menurut Nadiem di tahun 2021 ini Kemendikbud hanya memberikan kuota internet lebih kecil tetapi bisa digunakan untuk apa saja, mengakses website hingga berbagai aplikasi. Kecuali ada beberapa aplikasi yang memang sudah diblokir.

Ini agar semua para penerima manfaat subsidi kuota internet bisa mengakses berbagai macam website atau aplikasi yang mendukung sistem pembelajaran online dari sekolah dan kampusnya.

Besaran Pembagian Kuota Internet Gratis Maret – Mei 2021

 

Berikut ini rincian pembagian besaran jumlah kuota internet gratis yang diterima oleh para pelajar yang dikatakan (lebih kecil tetapi sebenarnya lebih besar) di bulan Maret, April dan Mei 2021 :

Anak Usia Dini (PAUD)

Jika sebelumnya pelajar pada tingkat PAUD mendapatkan kuota internet gratis dari Kemendikbud sebesar 20GB, yang dibagi menjadi 5GB untuk Kuota Umum dan 15GB untuk kuota belajar.

Nah di periode kedua ini tahun 2021, Kemendikbud merubah besaran kuotanya manjadi 7GB kuota umum per bulannya. meskipun sudah tidak mendapatkan kuota belajar, tapi ada penambahan kuota sebesar 2GB pada kuota umumnya.

Baca Juga : Syarat dan Cara Mendapatkan Subsidi Kuota Internet Dari Kemendikbud Terbaru 2021

Pelajar Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah

Untuk pelajar tingkat pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP dan SMA), tahun sebelumnya Kemendikbud memberikan kuota sebesar 35GB yang dibagi menjadi 5GB kuota umum, dan 30GB kuota belajar.

Tapi bantuan kuota internet gratis dari kemendikbud bulan Maret – Mei 2021 untuk tingkat pelajar pendidikan dasar dan menengah menjadi 10GB kuota umum perbulannya.

Guru PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Pada tahun 2020, untuk Guru dari PAUD, SD, SMP, semuanya mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 42GB yang dibagi menjadi 5GB kuota umum dan 37GB kuota belajar. Nah, ditahun 2021 ini ada perubahan juga, yang mana menjadi 12GB kuota umum perbulannya.

Mahasiswa dan Dosen

Sedangkan untuk para mahasiswa dan dosen pada tahun 2020 kemarin sama-sama mendapatkan subsidi kuota internet sebesar 50GB  dari Kemendikbud yang dibagi menjadi 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar. Semuanya berubah menjadi 15GB kuota umum perbulannya.