link download uu cipta kerja omnibus law

[PDF] Link Download File PDF UU Omnibus Law Cipta Kerja Yang Bikin Demo Dimana-mana!

DPR sudah secara resmi sudah mengesahkan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja pada hari Senin (5/10/2020) dan ternyata menuai protes dari kalangan buruh hingga para mahasiswa yang mulai kemarin sudah melakukan aksi unjuk rasa/demo diberbagai daerah.

UU Omnibus Law – Cipta Kerja ini memang menimbulkan pro dan kontra, dimana Pemerintah merasa ini memang dibutuhkan oleh Indonesia. Tetapi disisi lain tentang pengesahan UU Cipta Kerja ini dinilai berpotensi merugikan buruh/pekerja dan menguntungkan sebelah pihak saja.

Memang tidak semua fraksi di DPR menyetujui tentang UU Omnibus Law ini, ada Fraksi dari Demokrat dan PKS yang menolak. Sekretaris F-Demokrat DPR RI Marwan Cik Asan menegaskan, fraksinya menolak RUU Ciptaker disetujui menjadi Undang-Undang.

Seperti dilansir dari laman tirto.id “Berdasarkan argumentasi tersebut, Fraksi Demokrat menolak RUU Cipta Kerja, kami nilai banyak hal yang perlu dibahas secara komprehensif, utuh dengan melibatkan semua ‘stakeholder’ agar tidak berat sebelah dan tercipta lapangan kerja,” kata Marwan Cik Asan dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10/2020). Dia mengatakan ada lima catatan penting F-Demokrat terkait RUU tersebut, yaitu :

  1. Sejak awal fraksi menilai tidak ada urgensi RUU Ciptaker di tengah krisis pandemi COVID-19.
  2. Kedua, RUU ini berdampak luas atau omnibus law sehingga perlu dibahas secara hati-hati dan mendalam termasuk hal fundamental
  3. RUU Ciptaker diharapkan bisa mendorong investasi dan menggerakkan ekonomi nasional namun justru hak pekerja terpinggirkan.
  4. RUU tersebut mencerminkan bergesernya semangat Pancasila khususnya sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang bergeser ke arah ekonomi kapitalistik dan neoliberalistik.
  5. Kami menilai ada cacat prosedur dalam pembahasan RUU Ciptaker karena pembahasan pada poin-poin krusial tidak transparan dan tidak melibatkan pekerja dan masyarakat sipil, seperti dikutip Antara News.

Link Download File PDF UU Omnibus Law Ciptaker

Bagi anda yang ingin melihat, membaca dan ingin mempelajari Undang-undang Cipta Kerja Omnibus Law ini bisa langsung download file PDFnya di link berikut ini : http://bit.ly/UU-Ciptakerja-OmnibusLaw

Sedangkan untuk link download RUU Cipta Kerja Omnibus Law, bisa didownload disini : Download RUU Cipta Kerja Omnibus Law.

Banyak orang menganggap bahwa ada beberapa pasal yang dianggap merugikan para pekerja dan itu memang direspon langsung oleh para buruh/pekerja yang melakukan aksi mogok kerja dan ikut serta dalam demo menyuarakan haknya. Bagaimana pendapat Anda?