Inilah Spesifikasi Hardware PlayStation 5 Yang Bikin Banyak Orang Penasaran

Sekarang terjawab sudah produk konsol game terbarunya dari SONY yaitu Playstation 5 (PS5), yang mana beberapa bulan ini banyak berita dan bocoran dari konsol ini, seperti apa sih spesifikasi hadrware PS5 ini? kalian penasaran? ayo kita sama-sama bahas dibawah ini.

Playstation 5 ini hadir dalam 2 versi, Reguler dan Playstation 5 Digital. Tidak ada perbedaan dari sisi mesinnya, tetapi untuk versi digitalnya tidak dibekali dengan slot optik yang biasa dipakai untuk memasukkan cakram game Blu-ray fisik. Sebagai alternatif, pengguna bisa mengunduh game versi digital melalui PS Store. Selain perbedaan itu, spesifikasi lainnya di kedua model PS5 tersebut kemungkinan besar sama persis.

Dibandingkan pendahulunya (PS4), PS5 kini dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi. Salah satu yang menyolok adalah komponen media penyimpanan yang kini menggunakan SSD (solid-state drive) ketimbang HDD (hard-disk drive). Seperti diketahui, SSD memang memiliki write/read speed yang lebih kencang dibanding HDD.

Berkat penggunaan SSD, PS5 diklaim hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game. Adapun SSD PS5 berjenis custom dan memiliki ruang penyimpanan 825GB, serta masih bisa diperluas lagi dengan SSD tambahan. Berikut ini detail spesifikasinya :

Spesifikasi lengkap dari Playstation 5

  1. CPU: 8 Prosesor Zen 2 @ 3,5GHz
  2. GPU: 10,28 Teraflops, 36 CU @ 2,23GHz (variable frequency)
  3. RAM: 16GB GDDR6/256-bit
  4. Bandwidth memori: 448 GB/s
  5. Memori internal: Custom 825GB SSD
  6. Throughput I/O: Raw: 5,5 GB/s — Compressed: 8-9 GB/s
  7. Memori tambahan: NVMe SSD Slot
  8. Memori eksternal: USB HDD Support
  9. Perangkat optik: 4K UHD Blu-ray Drive (versi non-digital).

spesifikasi hardware playstation 5

Dari segi dapur pacu, PS5 dipersenjatai dengan 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5GHz, berikut RAM dengan kapasitas 16GB (GDDR6/256-bit). Kemampuan olah grafis PS5 mengandalkan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) berkecepatan 2,23GHz dengan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops.

Tak ketinggalan, konsol game anyar besutan Sony ini juga sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang dipatok pada resolusi 4K. Meski spesifikasinya sudah diumbar, Sony belum mau mengumbar informasi harga atau tanggal peluncuran PS5 ke pasar.

Perusahaan teknologi asal Jepang ini hanya mengonfirmasi bahwa konsol game tersebut bakal hadir di momen liburan akhir tahun 2020, kemungkinan bulan November hingga Desember.

sumber artikel : inilah.com