Peristiwa yg terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah
Peristiwa yg terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah

Peristiwa yg terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah

Pertanyaan

Peristiwa yg terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah ?

  • A.pembelahan sel telur
  • B.perkembangan embrio
  • C.produksi sel sperma dan sel telur
  • D.penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur​

Jawaban

Selama fertilisasi pada hewan terjadi peristiwa penyatuan sel sperma dan sel telur. Penyatuan dua sel gamet pada fertilisasi tersebut akan menghasilkan satu bentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru.

 

Penjelasan

Reproduksi merupakan proses pada makhluk hidup untuk menghasilkan individu baru yang sama atau menyerupai induknya. Pada hewan fertilisasi terjadi karena adanya penyatuan antara sel sperma dan sel telur untuk menghasilkan individu baru. Fertilisasi pada hewan dapat terjadi secara eksternal atau internal. Berikut perbedaan antara fertilisasi eksternal dan fertilisasi internal:

  • Fertilisasi eksternal

Proses fertilisasi dimana pembuahan sel telur oleh sel sperma terjadi di luar tubuh betina. Biasanya peleburan sel sperma dan sel telur terjadi ketika betina menyimpan sel telur yang telah diubah menjadi telur, kemudian sperma akan dikeluarkan di atasnya. Hewan yang mengalami fertilisasi eksternal biasanya memiliki habitat di laut atau di perairan.

  • Fertilisasi internal

Proses fertilisasi dimana pembuahan sel telur terjadi di dalam tubuh betina. Pada fertilisasi internalsel sperma akan masuk ke inti sel telur dan fusi gamet di dalam tubuh betina. Contoh hewan yang mengalami fertilisasi internal seperti kucing, ayam, serta hewan darat lainnya.

 

Pelajari

  1. Materi tentang proses fertilisasi pada hewan
  2. Materi tentang hewan-hewan yang mengalami fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal
  3. Materi tentang perbedaan utama fertilisasi pada hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi

 

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Reproduksi