program beasiswa unggulan kemendikbud

Program Beasiswa Unggulan Dari Kemendikbud

Siswa yang memiliki prestasi disekolah biasanya akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah, dan itu bisa menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi siswanya dan juga menjadi semangat untuk siswa lainnya berlomba-lomba menjadi siswa berprestasi. Seperti yang dilakukan Pemerintah membuat program beasiswa unggulan Kemendikbud untuk masyarakat Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan pada halaman website resmi Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Program Beasiswa Unggulan yang disediakan merupakan program yang ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumberdaya masyarakat Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar.

Sesuai dengan fungsi dan juga tugar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga yang dibiayai diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Program Beasiswa Unggulan juga mendukung upaya Pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar-kelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan/atau yang tinggal di daerah tertinggal.

4 Langkah Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Jika anda mempunyai keinginan untuk bisa mengikuti program beasiswa ini, maka harus mengetahui terlebih dahulu tata cara pendaftarannya, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan saat mengajukan untuk bisa mendapatkan jatah program beasiswa unggulan dari Kemendikbud  :

Tahap 1

  1. Sebelum melalukan hal lain, ada baiknya membaca terlebih dahulu informasi dasar di halaman Butuh bantuan ataun Frequently Asked Question (FAQ).
  2. Melakukan registrasi Beasiswa Unggulan di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id dan melakukan aktivasi akun.
  3. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuka e-mail yang anda daftarkan untuk aktivasi akun (Apabila link aktivasi tidak ada lebih dari 30 menit, klik tombol Bantuan untuk mengganti e-mail).
  4. Setelah aktivasi sukses, anda bisa login dihalaman beasiswa tadi.
  5. Melengkapi data di formulit pendaftaran, harap isikan data sesuai dengan data valid. Apabila telah memasukkan data yang sesuai, maka anda akan mendapatkan nomor registrasi.

Tahap 1 ini merupakan masih proses pendaftaran, dan ada sekitar 3 minggu lagi untuk menuju tahap selanjutnya, yaitu tahap 2.

Tahap 2

Pengumuman hasil seleksi lolos tidaknya dari tahap 1 akan dikirimkan via e-mail yang anda daftarkan. Waktu yang diberikan selama 24 jam. (Peserta yang tidak lulus bisa mengikuti kembali Beasiswa Unggulan Batch 2 di tahun yang sama). dan selanjutnya menunggu pada tahap 3 untuk proses pemanggilan calon penerima beasiswa.

Tahap 3

Setelah pengumuman lolos tidaknya di seleksi pertama, kemudian ada proses selanjutnya untuk yang losos yaitu pemanggilan seleksi tahap 2 secara tatap muka dilakukan melalui e-mail. (Bagi yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri). Jadi jangan sampai anda tidak mengecek email anda.

Tahap 4

  1. Pengumuman akhir dapat dilihat di akun dan e-mail, peserta yang lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. Waktu yang diberikan selama 24 jam. (Bagi yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri).
  2. Peserta yang lolos akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas atau yang telah ditentukan. Waktunya sampai hari H tanda tangan kontrak. Bagi calon peserta yang berminat mengikuti Program Beasiswa Unggulan ini, bisa mengetahui informasi lengkapnya melalui https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Nah itu saja tahapan-tahapan untuk mengikuti program beasiswa unggulan kemendikbud tahun 2019-2020 ini. Buat kalian yang tidak lolos jangan berkecil hati, karena masih banyak program beasiswa lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk bisa mendapatkan pendidikan lanjutan yang diinginkan.