Waspada virus corona

Ini Penyebabnya, Gejala dan Langkah Pencegahan Virus Corona

Dalam seminggu ini dunia saat ini sedang dihebohkan oleh adanya penyebaran Virus Corona di negara Cina, dan kabarnya sudah mulai menyebar ke beberapa negara. Awal munculnya virus mematikan ini berasal dari masyarakat Cina di Kota Wuhan.

Virus Corona ini mirip seperti dengan sindrom pernapasan akud parah dan berbahaya bagi penderitanya yang bisa mengakibatkan pada kematian. Di Cina sudah ada 41 orang meninggal dari 1300 orang yang terindikasi terkena virus ini, dan tidak ada kemungkinan bisa bertambah juga korban-korban selanjutnya.

Apa Itu Virus Corona?


Menurut artikel dari webmd.com, ternyata virus mematikan ini pertama kali terjangkit di Arab Saudi pada tahun 2012 lalu menyebar ke beberapa negara lainnya. Kemudian Virus corona jenis baru ini diberi nama 2019 novel coronavirus (2019-nCov) yang telah menyebar di wilayah China.

Baca Juga : Aplikasi meeting online solusi untuk mereka yang work form home 

Jadi Virus Corona ini adalah salah satu dari keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti flu biasa, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Dalam beberapa kasus, virus bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah seperti pneumonia dan bronkitis. Virus ini tersebar dari hewan ke manusia, dalam Journal of Medical Virology , mengatakan bahwa 2019-nCoV kemungkinan berasal dari ular.

bentuk virus corona
ilustrasi bentuk virus corona

Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga memberikan keterangan berdasarkan informasi dari sejumlah kalangan di China yang menyatakan kalau corona berasal dari penularan oleh kelelawar dan sebangsanya. Lalu sebenarnya apa itu Virus Corona yang dapat mematikan ini? Apa penyebab umum tersebarnya virus ini?

Dan ada juga yang menyebutkan bahwa, diduga virus ini tersebar karena awalnya virus baru ini merupakan senjata biologi pemusnah massal, dan sayangnya laboratorium pusat penelitiannya ini mengalami kebocoran.

Virus ini seharusnya bisa di lokalisasi, sehingga tidak menjangkiti manusia dan menular ke manusia lainnya. Orang di China banyak berjatuhan dan bergelimpangan di jalanan hingga tak terurus di rumah sakit. Lalu apa saja ciri dan gejala dari virus corona? simak gejalanya berikut ini yang dilansir dari health.harvard.edu

Gejala Virus Corona Berupa:

  • Demam
  • Batuk
  • Sulit bernapas
  • Mual
  • Muntah
  • Diare

Untuk orang yang terjangkit virus ini harus segera mendapatkan perawatan khusus seperti di ICU atau perawatan intensif untuk menyelamatkan nyawanya. Virus yang dapat menyebar melalui infeksi ke orang lain dari berbagai cara. Melalui udara dengan batuk dan bersin atau melalui kontak langsung seperti menyentuh atau berjabat tangan.

Cara Pencegahan Virus Corona

Berikut Cara Pencegahan Virus Corona dari World Health Organization (WHO):

  1. Hindari mengkonsumsi daging dan telur mentah.
  2. Hindari area berasap atau merokok.
  3. Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah.
  4. Rajin mencuci tangan setelah bersin atau batuk.
  5. Tutup mulut sebelum batuk atau bersin dengan tisu atau siku
  6. Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang-orang.
  7. Harus memiliki waktu istirahat yang tepat.
  8. Menjauhi area-area keramaian.
  9. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol.
  10. Jika memasak daging untuk dikonsumsi, sebaiknya Anda memperhatikan tingkat kematangan daging dengan baik.
  11. Menggunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak dengan binatang liar atau binatang peliharaan.

Itulah beberapa poin penting yang anda wajib tau yang teknobgt.com rangkum dari Tribunnews .Lalu Bagaimana dengan penanganan di Indonesia? apakah bisa warna Indonesia juga terjangkit virus? Saat ini Beberapa bandara internasional sudah menggunakan Alat Thermal Scanner, teknologi terbaru yang bisa mendeteksi orang itu terkena virus corona atau tidak.