Mengenal Lafadz Bismillah
Mengenal Lafadz Bismillah

Mengenal Lafadz Bismillah

Bismillah adalah sebuah kalimat yang sangat terkenal di kalangan umat Islam. Kalimat ini sering diucapkan sebelum melakukan aktivitas apapun, baik itu makan, minum, atau bahkan sebelum memulai sebuah pekerjaan. Lafadz bismillah sendiri memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam.

Arti Lafadz Bismillah

Bismillah adalah sebuah kalimat yang dalam bahasa Arab ditulis dengan huruf hijaiyah. Secara harfiah, bismillah memiliki makna “dengan menyebut nama Allah”. Dalam Al-Quran, lafadz bismillah sering kali digunakan sebagai awalan pada setiap surat, kecuali pada surat At-Taubah.

Makna dari lafadz bismillah sendiri adalah untuk mengingatkan kita bahwa setiap tindakan yang kita lakukan haruslah dilakukan dengan mengucapkan nama Allah, sebagai tanda bahwa kita berserah diri kepada-Nya dan memohon pertolongan-Nya.

Keutamaan Mengucapkan Lafadz Bismillah

Ada banyak keutamaan yang terkait dengan mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan berkah dari Allah

Ketika kita mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun, maka Allah akan memberikan berkah kepada kita dalam melakukan aktivitas tersebut.

2. Terhindar dari gangguan setan

Setan selalu mencari kesempatan untuk menggoda dan mengganggu manusia. Namun, ketika kita mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun, maka setan tidak akan memiliki kesempatan untuk mengganggu kita.

3. Menjadi lebih tenang dan fokus

Dengan mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun, maka kita akan menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalankan aktivitas tersebut.

Contoh Penggunaan Lafadz Bismillah

Lafadz bismillah bisa digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, membaca Al-Quran, atau bahkan sebelum memulai sebuah pekerjaan. Berikut ini adalah contoh penggunaan lafadz bismillah dalam beberapa aktivitas sehari-hari:

1. Sebelum makan

“Bismillahirrahmanirrahim”

2. Sebelum minum

“Bismillahirrahmanirrahim”

3. Ketika membaca Al-Quran

“Bismillahirrahmanirrahim” sebelum membaca setiap surat

4. Sebelum memulai sebuah pekerjaan

“Bismillahirrahmanirrahim”

Kesimpulan

Lafadz bismillah memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam. Mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun adalah tanda bahwa kita berserah diri kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya. Ada banyak keutamaan yang terkait dengan mengucapkan lafadz bismillah, seperti mendapatkan berkah dari Allah, terhindar dari gangguan setan, dan menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalankan aktivitas. Oleh karena itu, marilah kita selalu mengucapkan lafadz bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun, sebagai tanda bahwa kita selalu berserah diri kepada Allah.

ArtikelMengenal Lafadz Bismillah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM