Home / Tekno Business / Canggih Ya, Aplikasi Ini Bisa Hitung Biaya Panel Surya

Canggih Ya, Aplikasi Ini Bisa Hitung Biaya Panel Surya

Perkembangan teknologi semakin maju seiring dengan kebutuhan dan inovasi yang terus bergulir. Salah satunya aplikasi di smartphone. Platform ponsel pintar ini dibuat untuk memberikan kemudahan dalam satu genggaman. Salah satu platform terbaru adalah aplikasi penghitung biaya panel surya yang namanya “Suryakami”.

Di mana energi terbarukan saat ini tengah menjadi tren. Namun, masyarakat dan pelaku bisnis seringkali kesulitan menghitung biaya serta investasi yang diperlukan, dan dianggap lebih mahal harganya dibandingkan sumber energi lain.

Atas dasar itu, PT Semesta Energi Services melihat perlu transformasi menuju sumber-sumber listrik dari energi terbarukan. Salah satunya dengan pembuatan aplikasi berbahasa Indonesia Suryakami.

Analist PT Semesta Energi Service Giri Cahya Hartono mengemukakan, aplikasi ini dibuat oleh para profesional di bidang energi terbarukan guna memudahkan masyarakat, instansi pemerintahan, commercial building maupun industri dapat menghitung sendiri investasi perangkat Solar PV beserta waktu break even point (BEP) dari nilai investasi.

Aplikasi Penghitung Biaya Panel Surya

aplikasi suryakami

“Aplikasi ini diluncurkan untuk menjawab beberapa permasalahan yang ada. Di antaranya, kurang kesadaran atas manfaat investasi energi terbarukan di Indonesia untuk skala kecil dan menengah,” ujarnya, dalam keterangan pers di Jakarta.

Dia menuturkan, proses pemesanan dan pemasangan perangkat energi terbarukan yang rumit karena harus melalui banyak langkah, aplikasi Suryakami membantu masyarakat, pelaku bisnis, dan industri dalam pemesanan Solar PV dengan mudah sekaligus memenuhi permintaan untuk pemasangan termasuk bekerja sama dengan pihak ketiga yang andal dan terpercaya.

“Masyarakat bahkan bisa menghitung sendiri berapa harga atau investasi pemasangan surya panel sesuai kebutuhan,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, belum ada standarisasi kualitas dan kepastian harga sehingga membuat masyarakat ragu memasang solar panel. “Aplikasi Suryakami membantu masyarakat memberikan kepastian sekaligus perhitungan nilai investasi dan BEP dari seluruh biaya instalasi untuk kemudian menjadi bagian dari jaringan investor kami yang niscaya menciptakan ekosistem keuangan yang sustainable (green financing) di sektor energi terbarukan,” ujarnya.

Data Scientiest PT semesta Service, Tjipto Joewono mengatakan aplikasi Suryakami baru dibuat dalam sistem Android. Ke depan akan terus dikembangkan dalam untuk sistem IoS. Ini adalah sistem aplikasi pertama di Indonesia untuk menghitung investasi energi terbarukan berbasis Solar PV, sehingga aplikasi Suryakami menjadi pionir di Indonesia.

“Kami berharap aplikasi ini dapat berguna secara luas bagi masyarakat, pelaku bisnis ritel, dan industri atau perusahaan,” katanya.

Sumber Artikel : inews.id/techno/internet/canggih-aplikasi-ini-bisa-hitung-biaya-panel-surya