Pesawat dengan kabin terlepas saat keadaan darurat
Aircraft with a capsule to save passengers (cargo) during catastrophe, foto: Youtube

Konsep Pesawatnya Keren Banget, Bisa Melepaskan Seluruh CABIN Jika Terjadi Keadaan Darurat Dan Menurunkan Dengan Parasut!

Beberapa Engineer telah meluncurkan cara baru yang drastis untuk menyelamatkan penumpang pesawat jika terjadi keadaan darurat. Desainnya menunjukkan pesawat dengan kabin yang bisa dilepas, kegunaannya tentu untuk lepas landas jika dalam keadaan darurat.

Rancangan pesawat ini benar-benar bisa menyelamatkan semua orang didalamnya, karena bisa mendarat dengan aman baik itu didarat ataupun air (laut). “Mungkin saja selamat dari kecelakaan pesawat,” kata Vladimir Tatarenko, seorang insinyur penerbangan, kepada LiveLeak.

Saat para Engineer pesawat terbang di seluruh dunia mencoba membuat pesawat lebih aman, mereka tidak dapat berbuat apa-apa terkait faktor manusia. Tatarenko adalah otak di balik desain dan telah mengerjakan proyek ini selama tiga tahun, menurut The Independent.

kabin pesawat dengan parasut

Desain pesawatnya ini terdapat Awning yang dipasang pada atap kabin yang langsung terlepas saat kabin terpisah dari pesawat. Kemudian, ada juga tabung karet yang mengembang untuk meredam guncangan di tanah atau air, dan perangkat tiup terasa cukup kuat untuk menjaga kabin tetap mengambang.

“Teknologi saat ini dirancang menggunakan Kevlar dan komposit karbon untuk badan pesawat, sayap, burung, spoiler, aileron, dan ekor akan digunakan selama desain, “Ini memungkinkan bobot sistem parasut diimbangi sebagian” jelas Tatarenko.

Desainnya mencakup ruang penyimpanan yang menampung bagasi penumpang di bawah kabin, sehingga tidak akan ada bagasi yang hilang selama penerbangan jika harus dilepas. Berikut video “Aircraft with a capsule to save passengers (cargo) during catastrophe” yang dibuat oleh Tatarenko.

Independent menjelaskan bahwa penonton video demonstrasi memiliki reaksi beragam terhadap inovasi tersebut. Tentunya ada pro dan kotra ketika dianalisa setelah menonton videonya.

Ada yang merasa benar-benar takjub dengan desain yang mutahir, ada juga yang skeptis dan merasa itu tidak praktis. Ada juga yang mengatakan bahwa kemungkinan kabin terpisah menabrak pegunungan atau bangunan dan rencana pelarian pilot.

Baca Juga  Epson Resmi Luncurkan Proyektor 20000 Lumens

Sementara komentar lain yang dikirimkan adalah tentang kekhawatiran kekuatan bodi pesawatnya karena dianggap telah melemahkan badan pesawat karena terdapat sambungan dan perlengkapan untuk menghubungkan Bodi pesawat dan kabi.

Namun, kuesioner yang dilakukan oleh penemunya itu ternyata mendapatkan 95% orang akan bersedia membeli tiket yang lebih mahal untuk menggunakan sistem keamanan seperti itu.

Desain Pesawat Yang Bisa Melepaskan Cabin Bukan Yang Pertama

kabin penyelamatan penumpang pesawat dengan parasut

Ini bukan desain pertama yang diproduksi insinyur asal Ukraina. Tahun lalu, Tatarenko menerima hak paten atas penemuan sistem kapsul melarikan diri yang akan menyelamatkan penumpang di dalamnya.

Kapsul tersebut akan dilepaskan dalam beberapa detik setelah situasi darurat dan melalui pintu belakang di ujung ekor pesawat.

Setelah dikeluarkan, dua mesin mesiu akan mengambil kendali untuk memperlambat kecepatan dan kemudian sebuah parasut akan keluar. Tapi, menurut Tatarenko, itu tidak bisa menyelamatkan nyawa jika pesawat meledak di dalam atau diserang roket.

Akankan Pesawat dengan kabin yang bisa dilepaskan ketika terjadi keadaan darurat ini segera diproduksi? atau akan ada desain baru yang ditemukan oleh Engineer lainnya? (sumber: dailymail.co.uk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *