Sebutkan hari hari besar agama islam
Sebutkan hari hari besar agama islam

Sebutkan hari hari besar agama islam

Soal : Sebutkan hari hari besar agama islam …

Jawaban

Hari-hari besar agama Islam selalu diperingati oleh kaum Muslim secara rutin setiap tahunnya. Hari-hari tersebut secara umum memiliki peristiwa penting yang pernah terjadi dalam sejarah Islam dan juga memiliki hubungan ibadah tertentu dari ajaran Islam. Berikut beberapa hari besar di agama Islam:

Tahun baru Islam. Tahun baru Hijriyah adalah tahun baru Islam, tahun baru Hijriyah jatuh pada tanggal 1 Muharram, pada hari besar ini memiliki sejarah penting tentang awal hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, hal ini perlu diperingati karena sebuah penanda awal hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah dan menghormati perjuangan dakwah Nabi Muhammd SAW.

Maulid Nabi Muhammad. Maulid Nabi adalah peringatan terhadap hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, hari tersebut terjadi pada 12 Rabiul Awal, pada hari besar ini bertujuan untuk mengenang serta meneladani sifat serta kehidupan dari manusia terhebat yaitu Nabi Muhammad SAW.

Isra Miraj. Isra Miraj jatuh pada 27 Rajab, hari besar Israj Miraj adalah untuk memperingati peristiwa Israj Miraj, turunnya perintah salah lima waktu kepada umatNya. Turunnya perintah sholat melalui proses perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa menuju Sidrah Al-Muntaha tempat langit gaib.

Idul Fitri. Idul Fitri terjadi pada tanggal 1 Syawal, Idul Fitri dilaksanakan setelah melakukan ibadah penuh sebulan puasa Ramadhan. Pada Idul Fitri berupa hari raya umat Islam dengan banyak ibadah, saling bermaafan, mudik untuk bersilahturahmi.

Idul Adha. Idul Adha terjadi pada 9 Dzulhijjah, hari raya Idul Adha tersebut memiliki kegiatan penting seperti berhaji serta berqurban. Penyembelihan hewan kurban dan berhaji bagi yang mampu.