Makanan Khas Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan kuliner. Salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki oleh Sumatera Utara adalah makanan khasnya. Makanan khas Sumatera Utara memiliki ciri khas yang kental dan berbeda dengan makanan khas daerah lainnya di Indonesia.

1. Saksang

Saksang adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari daging babi, darah babi, dan sayuran seperti nangka muda dan daun singkong. Bahan-bahan ini kemudian diolah dengan bumbu khas Sumatera Utara seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Saksang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

2. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo adalah makanan khas Karo, salah satu suku di Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Karo seperti serai, daun jeruk, dan bawang merah. Babi Panggang Karo memiliki cita rasa yang unik dan khas.

3. Arsik

Arsik adalah makanan khas Batak Toba, salah satu suku di Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari ikan mas atau ikan patin yang dibumbui dengan bumbu khas Batak Toba seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Arsik memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

4. Gulai Kambing

Gulai Kambing adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu khas Sumatera Utara seperti jahe, kunyit, dan cabai. Gulai Kambing memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

5. Bihun Bebek

Bihun Bebek adalah makanan khas Medan, ibu kota Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari bihun yang disajikan dengan daging bebek yang dimasak dengan bumbu khas Medan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemangi. Bihun Bebek memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

6. Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan khas Batak Karo, salah satu suku di Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari mie yang disajikan dengan daging sapi atau daging kambing yang dimasak dengan bumbu khas Batak Karo seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Mie Gomak memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

7. Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue khas Medan, ibu kota Sumatera Utara. Kue ini terbuat dari tepung sagu dan gula kelapa yang dicampur dengan telur dan santan. Bika Ambon memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang manis.

8. Martabak Mesir

Martabak Mesir adalah makanan khas Medan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging sapi atau daging kambing yang telah dibumbui dengan bumbu khas Medan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemangi. Martabak Mesir memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

9. Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Padang, salah satu kota di Sumatera Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate. Sate Padang kemudian dibumbui dengan bumbu khas Padang seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Sate Padang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

10. Asam Pedas

Asam Pedas adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari ikan atau ayam yang dimasak dengan bumbu asam seperti asam jawa atau asam kandis. Asam Pedas kemudian dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Asam Pedas memiliki cita rasa yang asam dan pedas.

11. Kare Ayam

Kare Ayam adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu kare seperti kunyit, ketumbar, dan cabai. Kare Ayam kemudian dibumbui dengan santan dan sayuran seperti kentang dan wortel. Kare Ayam memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

12. Soto Medan

Soto Medan adalah makanan khas Medan yang terbuat dari ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas Medan seperti serai, daun jeruk, dan cabai. Soto Medan kemudian disajikan dengan mie, telur rebus, dan daun bawang. Soto Medan memiliki cita rasa yang gurih dan segar.

13. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas adalah makanan khas Batak Toba, salah satu suku di Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari ikan mas yang dibumbui dengan bumbu khas Batak Toba seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Arsik Ikan Mas memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

14. Babi Panggang

Babi Panggang adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Sumatera Utara seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Babi Panggang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

15. Ayam Goreng Batak

Ayam Goreng Batak adalah makanan khas Batak Toba, salah satu suku di Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari ayam yang dibumbui dengan bumbu khas Batak Toba seperti andaliman, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Ayam Goreng Batak memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

16. Nasi Goreng Melayu

Nasi Goreng Melayu adalah makanan khas Medan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu khas Melayu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis. Nasi Goreng Melayu kemudian disajikan dengan telur mata sapi, kerupuk, dan acar timun. Nasi Goreng Melayu memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

17. Martabak Telur

Martabak Telur adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan telur ayam dan bawang merah. Martabak Telur kemudian dibalut dengan kulit tipis dan digoreng hingga matang. Martabak Telur memiliki cita rasa yang gurih dan renyah.

18. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan khas Aceh, salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan dengan Sumatera Utara. Makanan ini terbuat dari mie yang disajikan dengan daging sapi atau daging kambing yang dimasak dengan bumbu khas Aceh seperti jahe, kunyit, dan cabai. Mie Aceh memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

19. Sayur Nangka