Jelaskan 3 jenis klasififikasi agama
Jelaskan 3 jenis klasififikasi agama

Jelaskan 3 jenis klasifikasi agama

Soal : Jelaskan 3 jenis klasifikasi agama …

Agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan manusia kepada Tuhannya masing”. Kepercayaan masing-masing manusia yang berhubungan dengan pergaulan manusia lingkungannya.

Jawaban

Ada 3 Jenis Klarifikasi Agama, Yakni :

1). Wahyu dan Non-wahyu

  • Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada Allah, rasul-rasul-Nya dan kitab-kitab-Nya serta pesannya disebarkan kepada segenap umat manusia. Yang termasuk agama wahyu adalah Yahudi, Kristen, dan Islam.
  • Agama non-wahyu adalah agama yang tidak memandang esensial penyerahan apapun dari manusia kepada tata aturan ilahi. Yang termasuk agama non-wahyu adalah Hindu, Budha, Confusionisme.

2).  Misionaris dan Non-misionaris

  • Agama misionaris adalah agama yang ajarannya mengharuskan penganutnya menyebarkan  kebaikan kepada seluruh manusia. Agama yang tergolong misionaris hanya Islam.
  • Agama non-misionaris adalah agama yang ajarannya tidak mengharuskan penganutnya menyebarkan kebaikan kepada seluruh manusia.

3).  Rasial dan Universal

Agama ras geografi adalah agama yang timbul berdasarkan tempat geografisnya. terbagi menjadi tiga golongan : semitik, arya, dan Mongolia. Yang termasuk agama simitik adalah Yahudi, Kristen, Dan Islam. Sedangkan yang tergolong arya adalah Hindu, Jainisme, Sikhiisme, Zoaterianisme. Sedangkan yang tergolong mongolian adalah Confusionisme, Taoisme, dan Shintoisme.

Pembahasan jenis klasififikasi agama

Asal usul agama berawal dari peradaban pertama manusia pada jaman dahulu yang tidak memiliki kepercayaan. Sehingga mereka tidak mengenal adanya tuhan,tidak mengenal siapa yang menciptakan mereka,yang mengatur dan memelihara mereka.

Dengan  demikian seiring berjalannya waktu manusia jaman dulu mulai menyembah beberapa benda-benda yang di anggap keramat contohnya : Batu,Api,Pohon,dll. Hingga pada akhirnya prinsip itu berubah dan melahirkan kelompok-kelompok kepercayaan tertentu yang berkembang menjadi agama tertentu.

Kelas : 4, Mapel : PAI, Kategori : hukum dalam islam

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Jelaskan 3 jenis klasifikasi agama yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.