E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang
E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang

E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang

E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang …?

A. Pendidkan

B. Ekonomi

C. Politik

D. Social

E. Budaya

Jawaban : A. Pendidikan

Penjelasan :

E-learning merupakan dampak dari TIK di bidang pendidikan. E-learning ialah dasar serta konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi serta komunikasi dibidang pendidikan.

E-learning adalah teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun (Dahiya,2012). Pembelajaran elektronik atau e-learning telah dimulai pada tahun 1970-an (Waller and Wilson, 2001). Berbagai istilah digunakan untuk mengemukakan pendapat/gagasan tentang pembelajaran elektronik, antara lain adalah: onlinelearning, internet-enabled learning, virtual learning, atau web-based learning. Ada 3 (tiga) hal penting sebagai persyaratan kegiatan belajar elektronik (e-learning), yaitu:

(a) Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan, dalam hal ini dibatasi pada penggunaan internet,

(b) Tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta belajar, misalnya External Harddisk, Flaskdisk, CD-ROM, atau bahan cetak, dan

(c) Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan.

Istilah e-learning banyak memiliki arti karena bermacam penggunaan e-learning saat ini. Pada dasarnya, e-learning memiliki dua tipe yaitu synchronous dan asynchronous. Synchronous berarti pada waktu yang sama. Proses pembelajaran terjadi pada saat yang sama antara pendidik dan peserta didik. Hal ini memungkinkan interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik secara on line.