Sebutkan (minimal 5 ) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat?
Sebutkan (minimal 5 ) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat?

Sebutkan (minimal 5 ) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat?

Pertanyaan

Sebutkan (minimal 5 ) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat?

Jawaban

Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan dari nur Ilahi (cahaya Allah). Malaikat diciptakan oleh Allah  Swt. sebagai utusanNya untuk mengurusi berbagai urusan. Meskipun kita tidak pernah berjumpa dengan malaikat, kita harus percaya akan keberadaannya. Berikut akan kakak jawab pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya mengenai Malaikat.

 

Sebutkan minimal 5 contoh pengamalan dari iman kepada malaikat! Sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat! Sebutkan pengamalan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari!

Berbagai contoh perilaku dan sikap pengamalan dari beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

1.    Menjalankan kewajiban Shalat Fardhu 5 waktu ditambah amalam-amalan sunnah lainnya apabila mampu.

2.    Menjalankan Rukun Islam dengan sebaik mungkin.

3.    Tidak melakukan maksiat dan zina seperti pacaran.

4.    Menggunakan waktu senggang dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar atau berdzikir.

5.    Selalu waspada dan berhati-hati dalam berbuat serta bertindak.

6.    Menghindari perkataan dusta, perbuatan riya’, perbuatan hasad, dan sejenisnya.

7.    Berbakti kepada orangtua, dermawan terhadap sesama, serta mencintai seluruh makhluk hidup Allah SWT.

8.    Bekerja keras dan pantang menyerang guna mendapatkan rezeki yang halal.

9.    Membaca Surah Al-Mulk setiap menjelang tidur agar terhindar dari siksa kubur.

10. Gemar menuntut ilmu-ilmu yang bermanfaat baik bermanfaat untuk akhirat dan dunia.

 

Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!

Beriman kepada malaikat, memiliki banyak sekali hikmah, antara lain :

1.    Menjadikan diri kita memiliki penyemangat hidup agar senantiasa menaati seluruh perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

2.    Menjadikan diri kita senantiasa mawas diri, sebab malaikat senantiasa mencatat amal buruk dan baik kita, selain itu juga ada malaikat maut yang selalu menghampiri kita 70 kali dalam sehari.

3.    Menumbuhkan, menambah, serta mempertahankan keimanan dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

4.    Menumbuhkan sikap ikhlas dalam berbuat segala kebaikan walaupun tidak ada manusia yang mengetahui, sebab ada makhluk lain yaitu malaikat yang senantiasa mengetahui apa yang dilakukan manusia.

5.    Memiliki partner berkompetisi dalam berbuat kebaikan yang kualitas keimanannya tidak diragukan lagi, sehingga menjadikan kita senantiasa terpacu untuk berbuat kebaikan.

Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT? Mengapa kita harus beriman kepada malaikat Allah?

Alasan mengapa kita harus dan wajib beriman kepada Malaikat, sebab hal ini merupakan perintah langsung dari Allah SWT dan Rasul-Nya yang telah termuat dalam Qs. Al-Baqarah ayat 285, yang artinya

Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (Qs. Al-Baqarah : 285)

Dari dalil di atas, dapat disimpulkan bahwa beriman kepada malaikat merupakan kewajiban bersifat fardhu ‘ain.

Penjelasan

Menurut istilah malaikat adalah salah satu jenis makhluk Allah yang diciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepada-Nya serta mengajaknya semua tugas-tugasnya. Malaikat berarti makhluk langit sedangkan menurut istilah syara malaikat berarti makhluk gaib yang diciptakan Allah yang berasal dari nur atau cahaya dengan wujud dan sifat-sifat tertentu dan senantiasa mengabdi dan taat kepada Allah. Percaya kepada adanya malaikat terdapat dalam 6 rukun iman yaitu pada rukun iman ke-2 yaitu iman kepada malaikat Allah. Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang senantiasa patuh padanya dan tidak pernah mendurhakai-Nya. Beriman kepada malaikat hukumnya wajib bagi setiap orang Islam atau fardlu’ain. Orang Islam yang tidak mengimani adanya malaikat dianggap murtad dan Allah mengkafirkan orang-orang mendurhakai-Nya. Dalam ajaran islam percaya akan adanya malaikat adalah kewajiban bagi orang-orang yang beriman sebab di dalam kitab suci Alquran disebutkan bahwa malaikat yang menjadi perantara dalam menyampaikan firman-Nya kepada para Rasul, sehingga menafikan para malaikat berarti menafikan pula firman-firman atau wahyu Allah. Bahkan beriman kepada para malaikat memiliki posisi yang cukup tinggi ya ini setelah beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Peran malaikat dalam Alquran tidak hanya sekedar menyampaikan perintahnya namun banyak tugas lain yang tidak kalah penting baik di dunia maupun yang berhubungan dengan manusia. Malaikat digambarkan sebagai makhluk yang selalu taat tunduk dan patuh pada Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah ingkar kepadanya juga ia tidak membutuhkan makan minum atau tidur yang mereka tidak mempunyai keinginan apapun baik yang bersifat fisik maupun materi. Mereka menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi kepada Tuhan. Malaikat memiliki banyak keistimewaan yang begitu unik dan mencengangkan salah satunya yaitu kemampuan untuk mengubah bentuk fisik dengan bentuk yang beraneka macam termasuk merubah diri sebagai manusia, sebagaimana Jibril dalam satu waktu mendatangi nabi dengan rumah seorang laki-laki untuk menanyakan tentang keimanan dengan bentuk manusia. Keunikan lain malaikat adalah memiliki kekuatan dan tugas yang luar biasa, mereka memiliki sayap yang tidak terhitung jumlahnya sehingga untuk terbang dari ujung barat sampai ujung timur tidak memerlukan banyak waktu dalam hitungan detik. Ada 10 malaikat yang wajib kita imani secara tafshil, dimanakah semuanya memiliki tugas masing-masing yaitu sebagai berikut :

  1. Jibril kadang juga disebut Ruhul Qudus atau Ruhul Amin. Tugasnya menyampaikan wahyu Allah SWT dan meniupkan roh ke dalam janin.
  2. Mikail atau sering disebut Mika’il. Tugasnya sebagai pembagi rezeki
  3. Israfil tugasnya meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan
  4. Izrail tugasnya mencabut nyawa makhluk hidup
  5. Raqib tugasnya mencatat semua amal baik manusia selama hidup
  6. Atid tugasnya mencatat semua amal buruk manusia semasa hidup
  7. Munkar tugasnya menanyakan manusia di dalam kubur tentang keburukan-keburukan yang dilakukan semasa hidup
  8. Nakir tugasnya menanyai manusia di dalam kubur tentang kebaikan kebaikan yang dilakukan semasa hidup
  9. Malik tugasnya menjaga pintu neraka
  10. Ridwan tugas menjaga pintu surge

 

Contoh perilaku dan sikap pengamalan dari beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  1. Menjalankan kewajiban salat fardhu 5 waktu ditambah amalan-amalan sunah lainnya apabila mampu
  2. Menjalankan rukun Islam dengan sebaik mungkin
  3. Menggunakan waktu senggang dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar atau berdzikir
  4. Selalu waspada dan berhati-hati dalam berbuat serta bertindak
  5. Menghindari perkataan dusta, perbuatan Riya, perbuatan hasad, berbakti kepada orang tua, dermawan terhadap sesama serta mencintai mencintai seluruh makhluk hidup Allah subhanahu wa ta’ala

 

Kesimpulan

Dari Penjelasan diatas, menyatakan bahwa 5 contoh pengamalan dari iman kepada malaikat yaitu menjalankan kewajiban salat fardhu 5 waktu ditambah amalan-amalan sunah lainnya apabila mampu, menjalankan rukun Islam dengan sebaik mungkin, menggunakan waktu senggang dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar atau berdzikir, selalu waspada dan berhati-hati dalam berbuat serta bertindak dan menghindari perkataan dusta, perbuatan Riya, perbuatan hasad, berbakti kepada orang tua, dermawan terhadap sesama serta mencintai mencintai seluruh makhluk hidup Allah subhanahu wa ta’ala.

 

=================

Kelas             : VII

Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kategori         : Bab 7 – Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat – Malaikat Allah Swt.