Bacaan Tahiyat Akhir

Pengertian Tahiyat Akhir

Tahiyat akhir merupakan salah satu doa yang dibaca di akhir shalat. Doa ini termasuk dalam rukun shalat dan memiliki arti penting dalam agama Islam. Tahiyat akhir merupakan doa untuk memohon keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT serta sebagai bentuk penghormatan kita kepada-Nya.

Bacaan Tahiyat Akhir

Bacaan tahiyat akhir terdiri dari beberapa kalimat yang biasanya dibaca di rakaat terakhir shalat. Berikut adalah bacaan tahiyat akhir yang seharusnya dibaca:”Attahiyatu lillahi was shalawatu wat taiyibatu, assalamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu, assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish shalihin, ash hadu alla ilaha illallah, wa ash hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.”Arti dari bacaan tersebut adalah “Segala puji bagi Allah dan keselamatan serta kebaikan semoga tercurah selalu kepada-Nya. Salam sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta barakah-Nya. Salam sejahtera atas kami dan atas seluruh hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Keutamaan Membaca Tahiyat Akhir

Membaca tahiyat akhir memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Di antaranya adalah:1. Meningkatkan kualitas shalat kita
2. Memberikan ketenangan dan kedamaian hati
3. Menjaga konsentrasi kita saat melakukan shalat
4. Menjadi bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT
5. Memohon keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT

Cara Membaca Tahiyat Akhir

Cara membaca tahiyat akhir sangat mudah dan sederhana. Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek pada rakaat pertama dan kedua, kemudian kita membaca bacaan tahiyat akhir pada rakaat terakhir shalat. Bacaan tersebut dibaca setelah membaca doa setelah tasyahud awal.

Kesimpulan

Tahiyat akhir merupakan salah satu doa penting dalam agama Islam yang dibaca di akhir shalat. Bacaan tahiyat akhir memiliki arti penting sebagai bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT dan sebagai doa untuk memohon keselamatan dan keberkahan dari-Nya. Oleh karena itu, marilah kita membiasakan diri untuk membaca tahiyat akhir dalam setiap shalat kita agar kualitas shalat kita semakin baik dan mendapatkan berbagai keutamaan yang telah disebutkan di atas.