fbpx

Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Kartu Prakerja yang selama ini selalu menjadi bahan pembicaraan masyarakan Indonesia sebentar lagi akan diluncurkan, dan pendaftaran kartu prakerja ini akan dibuka pada minggu kedua di bulan April 2020. Lalu bagaimana cara daftar kartu prakerja ini?

Nah sebelumnya mendaftar, kamu harus mengetahui 4 fakta tentang kartu prakerja ini, karena banyak orang yang beranggapan bahwa orang-orang yang belum bekerja akan mendapatkan gaji atau tunjangan dari pemerintah, dan ternyata itu salah persepsi. Oleh karena itu cobadeh ketahui informasi seputar karta prakerja ini :

4 Fakta Kartu Prakerja Yang Harus Kamu Ketahui

fakta tentang kartu prakerja

Apa itu Kartu Prakerja?

Jadi kartu ini adalah sebuah program penunjang untuk peningkatan kompetensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan. Dan setiap orang yang mendaftar kartu prakerja ini hanya bisa menerima bantuan sekali saja.

Apakah Hanya Pengagguran yang bisa daftar Kartu Prakerja?

Bukan hanya untuk pengangguran saja kok, semua kalangan bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu pra kerja, seperti gojek, ojek online, buruh, karyawan, pegawai, orang yang sudah bekerja dan berwirausahapun boleh mendapatkan program kartu prakerja ini. semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Namun untuk periode awal ini diprioritaskan untuk para pekerja dan pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pendemi virus corona (COVID-19).

Apakah Bantuannya diberikan secara tunai?

platform pelatihan online prakerja

Seperti yang dijelaskan diawal tadi, bahwa program kartu prakerja ini sifatnya adalah bantuan pelatihan jadi bantuannya nanti dalam bentuk non-tunai melalui platform digital yang sudah bekerjasama (mitra) dan pembayaran resmi kartu prakerjanya.

Berapa kali Bantuan Kartu Prakerjanya diberikan?

Jika sudah terdaftar sebagai peserta, nantinya bantuan ini akan diberikan sebanyak 8 kali dalam beberapa tahap, yaitu :

  • Biaya pelatihan senilai Rp 1.000.000 (1 kali)
  • Insentif pasca pelatihan senilai Rp 600.000 (4 kali)
  • Insentif survey kebekerjaan senilai Rp 50.000 (3 kali)

Cara daftar kartu prakerja ini adalah secara online melalui website resminya www.prakerja.go.id , dan sebelum mendaftar untuk mendapatkan bantuan ini, anda harus membuat akun login terlebih dahulu di website tadi yang bisa menggunakan email ataupu no HP anda yang aktif.

Anda harus teliti dan mengisi data dengan benar saat proses daftar kartu prakerjanya, karena takutnya nanti akan bermasalah saat proses verifikasi data dari pusat. Intinya anda harus mengisi formulirnya sesuai dengan kartu tanda penduduk yang sah dari EKTP ataupun kartu keluarga.

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Secara Online

cara daftar kartu prakerja online

Berikut ini langkah-langkah pembuatan akun di prakerja.go.id yang telah lebih dulu dimuat oleh tirto.id :

  1. Buka browser dan masuk ke halaman www.prakerja.go.id
  2. Kemudian klik daftar Masukkan email atau nomor ponsel dan klik lagi tombol daftar
  3. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email atau sms (sesuai apa yang anda gunakan saat proses daftar diawal tadi).
  4. Masukkan kode verifikasi  dan pendaftaran akun anda berhasil.

Setelah membuat akun diwebsitenya, langkah selanjutnya adalah cara daftar kartu prakerja :

  1. Login akun diwebsite prakerja kemudian Klik Daftar Kartu Pra Kerja.
  2. Kemudian muncul halaman baru untuk isi formulir pendaftaran.
  3. Setelah diisi dengan benar, klik Selanjutnya.
  4. Lakukan Tes Kemampuan Dasar dan klik selesai.
  5. Setelah selesai melakukan pendaftaran (mengisi formulir dan tes), anda tinggal menunggu saja informasi selanjutnya dan bisa juga cek status pendaftaran di website prakerjanya.

Nah seperti itulah cara daftarnya dan manfaat dari program kartu prakerja ini, yang mana pemerintah bekerjasama dengan swasta dalam melayani masyarakat demi menghadirkan SDM yang unggul dan Indonesia semakin maju.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA daptar prakerja