Bagaimana cara amoeba berkembang biak
Bagaimana cara amoeba berkembang biak

Bagaimana cara amoeba berkembang biak

Pertanyaan

Bagaimana cara amoeba berkembang biak

Jawaban

Amoeba berkembang biak adalah dengan cara vegetatif (membelah diri)

 

Penjelasan

Amoeba

Amoeba adalah mikroorganisme eukariotik uniseluler yang tergolong ke dalam kingdom protista (pada sistem 5 kingdom). Amoeba umumnya dapat ditemukan di daerah lembab, perairan tawar, perairan asin, dan di dalam organisme lain. Amoeba mendapatkan makanan dengan cara memakan mikroorganisme lain atau disebut juga dengan fagositosis. Beberapa amoeba ada yang netral dan ada yang bersifat patogen. Amoeba yang bersifat patogen seperti Entamoeba histolytica dapat menimbulkan penykit pada manusia seperti diare dan disentri Beberapa ciri ciri amoeba adalah sebagai berikut.

1. Berukuran kecil (3-1000 mikron)

2. Eukariotik

3. Uniseluler (bersel tunggal)

4. Alat gerak berupa kaki semu (pseudopoda)

5. Heterotrof

6. Dapat berubah menjadi kista jika keadaan tidak menguntungkan

7. Berkembang biak secara vegetatif (membelah diri)

8. Tidak memiliki dinding sel dan kloroplas

 

Proses membelah diri pada amoeba adalah sebagai berikut.

1. Apabila energi sudah cukup untuk melakukan pembelahan, maka inti sel amoeba akan terbelah menjadi dua (Kartokinesis).

2. Setelah kartokinesis selesai, maka sitoplasma dan organel organel sel akan ikut membelah (Sitokinesis). Setelah sitoplasma sukses membelah, maka ia akan memisahkan diri dan membentuk sel baru.

 

Simak Lebih Lanjut

Ciri ciri amoeba

Mengapa organisme sel tunggal seperti amoeba masih mampu menjalankan semua fungsi kehidupan?

 

Protista mirip hewan atau protozoa adalah organisme yang memiliki sel tunggal yang sudah memiliki membran inti (eukariota). Protozoa disebut mirip hewan karena memiliki sifat seperti hewan, yaitu dapat bergerak sendiri dan heterotrof. Ukurannya mikroskopis sekitar 100 – 300 mikron. Bentuk sel dari protozoa bervariasi, ada yang tetap dan ada yang berubah – ubah. Protozoa dapat bergerak bebas karena memiliki alat gerak berupa flagellum (bulu cambuk), cilliata (bulu getar), pseudopodia (kaki semu), tetapi ada pula protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Sebagian besar protozoa hidup bebas di perairan tawar dan laut. Adapun jenis protozoa yang hidup sebagai parasit pada hewan dan manusia.

Rhizopoda adalah alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia). Contoh dari rhizopoda adalah Amoeba sp., yang memiliki bentuk sel tidak tetap dan sitoplasmanya terdiri dari ektoplasma dan endoplasma. Habitat dari amoeba ada di air tawar, air laut, tempat basah dan sebagian kecil dalam tubuh hewan atau manusia. Amoeba berkembang biak secara vegetatif dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Amoeba memperbanyak diri dengan cara pembelahan inti sel menjadi dua dan pembelahan sitoplasma atau sitokinesis. Tahap awal adalah amoeba berhenti bergerak, kemudian inti sel dari amoeba akan mulai membelah yang disebut dengan kariokinesis. Lalu, inti sel akan mulai membelah menjadi dua dan sitoplasma mulai menyempit dan terjadi pelekukan membran plasma ke arah dalam. Sitoplasma mulai menyempit dan terus membagi menjadi dua bagian membentuk sel anakan. Kemudian, masing-masing sel anakan akan memisahkan sendiri sehingga terbentuk dua individu baru. Waktu yang diperlukan amoeba dalam proses pembelahan biner adalah 21 menit.

Kesimpulan

Amoeba berkembang biak secara vegetatif dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Amoeba memperbanyak diri dengan cara pembelahan inti sel menjadi dua dan pembelahan sitoplasma atau sitokinesis. Tahap awal adalah amoeba berhenti bergerak, kemudian inti sel dari amoeba akan mulai membelah yang disebut dengan kariokinesis. Lalu, inti sel akan mulai membelah menjadi dua dan sitoplasma mulai menyempit dan terjadi pelekukan membran plasma ke arah dalam. Sitoplasma mulai menyempit dan terus membagi menjadi dua bagian membentuk sel anakan. Kemudian, masing-masing sel anakan akan memisahkan sendiri sehingga terbentuk dua individu baru. Waktu yang diperlukan amoeba dalam proses pembelahan biner adalah 21 menit.

 

=========================

Detail Jawaban

Mapel: Biologi

Kelas: X

Bab: VI (Grup Protista)

Kata Kunci: Amoeba, reproduksi amoeba, ciri amoeba

Kode Kategorisasi: 10.4.6