BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut . . . .
BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut . . . .

BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut . . . .

Pertanyaan

BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut . . . .

Jawaban

BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut . . . . Dokuritsu Junbi Chōsa-kai

Penjelasan

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), dibentuk di masa pendudukan Jepang pada 1 Maret 1945.

Tujuan dibentuk BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki upaya pembentukan negara Indonesia merdeka atau mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka.

Jumlah anggota BPPUPKI terdiri dari 69 orang, yaitu 62 orang anggota aktif dan 7 orang anggota pasif.

Ketua BPUPKI adalah Radjiman Wedyodiningrat, dari golongan nasionalis tua, dengan didampingi oleh dua orang ketua muda (wakil ketua), yaitu Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yosio (orang Jepang ). Pandji Soeroso juga diangkat sebagai kepala kantor tata usaha BPUPKI (semacam sekretariat) dibantu Masuda Toyohiko dan Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo.

Suasana pembentukan BPUPKI adalah saat Jepang mulai terdesak oleh Sekutu dan menunjukkan tanda-tanda akan kalah., akibat serangan Amerika Serikat di wilayah yang diduduki Jepang di Samudera Pasifik.

Sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945 membahas bentuk negara dan dasar negara Indonesia. Namun sidang ini belum menyepakati pembahasan dasar negara, sehingga rapat memutuskan untuk istirahat atau reses selama 1 bulan.

Dalam masa reses ini, dibentuklah “Panitia Sembilan“, dari dengan diketuai oleh Ir. Soekarno, yang bertugas membahas usul dari konsep para anggota BPUPKI mengenai dasar negara.

Sidang BPUPKI yang kedua, setelah masa reses, dilakukan pada tanggal 10 Juli -14 Juli 1945 membahas wilayah dan kewarganegaraan Indonesia serta tentang udang-undang dan sistem ekonomi negara.

Seiring dengan semakin dekatnya kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, BPKI digantikan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yang dibentuk pada 7 Agustus 1945.

Pelajari lebih lanjut tentang NICA.

Pelajari lebih lanjut tentang Komisi Tiga Negara (KTN).

Pelajari lebih lanjut isi Perjanjian Renville.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia dahulu kala pernah dijajah oleh bangsa-bangsa lain seperti Inggris, Portugis, Spanyol, Belanda, dan Jepang. Belanda menjajah Indonesia dalam periode waktu paling lama yaitu 350 tahun. Sedangkan Jepang sebagai penjajah terakhir di Indonesia telah menjajah selama 3,5 tahun, namun sangat kejam dan keras. Pada masa penjajahan Jepang banyak dibentuk organisasi-organisasi seperti PETA atau Pembela Tanah Air, PUTERA, Heiho, Seinendan, dan lain sebagainya. Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 kota Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh sekutu dan setelah itu Jepang menyatakan kekalahannya dan diketahui oleh salah satu golongan muda lewat radio siaran luar negeri.

Dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, dibentuklah BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Cosakai : 独立準備調査会). Kemudian BPUPKI ini membentuk kelompok kecil yang berisi sembilan orang dengan nama Panitia Sembilan. Panitia yang terdiri dari sembilan orang ini bertugas untuk merumuskan dasar negara Indonesia yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945. Rumusan dasar negara yang dihasilkan oleh permusyawarahan dalam Panitia Sembilan pada 22 Juni 1945 disebut dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter).

 

Anggota Panitia Sembilan, diantaranya yaitu Ir. Sukarno sebagai ketua, Drs. Mohammad Hatta sebagai wakil ketua, K.H.A. Wahid Hasyim, Abdulkahar Muzakir, Mr. A. A. Maramis, Abikusno Tjokrosuyoso, Mr. Achmad Soebarjo, H. Agus Salim, dan Mr. Moh. Yamin. Setelah BPUPKI selesai melaksanakan tugasnya, BPUPKI dibubarkan dan kemudian dibentuklah PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Inkai : 独立準備委員会).

PPKI ini diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakilnya adalah Moh. Hatta. Penentuan Ir. Soekarno sebagai presiden pertama dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden pertama juga merupakan hasil dari sidang PPKI.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka kita ketahui BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai : 独立準備調査会.

 

––––––––– 

Mata pelajaran: IPS  

Kelas: V  

Kode: 5.10.6

Materi: Bab 6 – Persiapan Kemerdekaan Indonesia