Jelaskan sejarah pendidikan kewarganegaraan?
Jelaskan sejarah pendidikan kewarganegaraan?

Jelaskan sejarah pendidikan kewarganegaraan?

Pertanyaan

Jelaskan sejarah pendidikan kewarganegaraan?

Jawaban

Sejarah Pendidikan Kewarganegaraan pertama kali diperkenalkan di dunia pada tahun 1790 di Amerika Serikat. Pendidikan Kewarganegaraan dalam bahasa Inggris disebut dengan Civics Education.

Tujuan pembelajarannya adalah untuk menyatukan penduduk Amerika yang memiliki keragaman suku bangsa dan budaya.

Di Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan mulai berkembang pada tahun 1957 di masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pendidikan Kewarganegaraan kemudian mulai dipelajari di sekolah-sekolah pada tahun 1961 dengan nama Civics. Mata pelajaran ini kemudian berganti nama menjadi Pendidikan Kewarganegaraan pada tahun 1968.

Secara resmi, mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dimasukkan ke kurikulum pelajaran sekolah di Indonesia pada tahun yang sama, yaitu 1968.

Pada tahun 1975, terjadi pergantian tahun ajaran yang biasanya dimulai Januari – Desember menjadi Juni – Juli. Saat itulah nama Pendidikan Kewarganegaraan berganti menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

Perubahan nama ini ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 1994, nama mata pelajaran ini berganti lagi menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Di masa reformasi, PPKn diubah lagi namanya menjadi PKn (Pendidikan Kewarganegaraan). Yang terkini, nama mata pelajaran ini kembali menjadi PPKn dan digunakan hingga saat ini.

 

Penjelasan

Nama mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kembali digunakan dengan alasan peserta didik saat ini dinilai harus lebih memahami nilai-nilai pancasila yang sudah mulai luntur.

Karena itu, dalam pelaksanaan kurikulum 2013, pendidikan berbasis nilai-nilai pancasila ini dipelajari lebih dalam.

 

Pelajari

  1. Demokrasi Pancasila.
  2. Menerapkan nilai-nilai Pancasila.
  3. Makna sila ke-3 Pancasila.

==================

Kelas: 8

Mapel: PPKn

Bab: Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia