Jelaskan pengertian seni budaya?
Jelaskan pengertian seni budaya?

Jelaskan pengertian seni budaya?

Pertanyaan

Jelaskan pengertian seni budaya?

Jawaban

Secara istilah seni budaya pada dasarnya merupakan sebuah frasa kata yang berasal dari kata seni dan kata budaya. Kata seni berasal dari bahasa Sanskerta yaitu kata sani (pemujaan, persembahan, pelayanan) yang diartikan sebagai setiap hal yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menghadirkan unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Kata budaya berasal dari kata buddhayah dalam bahasa Sanskerta yang artinya budi atau akal yang digunakan oleh manusia dan diturunkan secara berkelanjutan.

Adapun berdasarkan asal frasa katanya, seni budaya diartikan sebagai setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal maupun budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat serta digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan.

Adapun menurut Harry Sulastianto, pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya sedangkan menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat. Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

===============

Kelas : VII
Pelajaran : Seni
Kategori : Hakikat dan Ruang Lingkup Seni Budaya