Nama posisi pemain bola basket dan tugasnya
Nama posisi pemain bola basket dan tugasnya

Nama posisi pemain bola basket dan tugasnya

Pertanyaan

Nama posisi pemain bola basket dan tugasnya

Jawaban

1. Posisi Point Guard (PG)

 

Tugas dari seorang Point Guard dalam permainan bola basket adalah membawa bola dan memberikan passing pada temannya. Dia yang mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. Biasa juga disebut playmaker. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang berbadan kecil tapi lincah dan jago mendribel.

 

2. Posisi Shooting Guard (SG)

 

Seperti namanya, Shooting Guard adalah seorang pemain yang mempunyai tugas untuk menembak bola dari jarak-jarak yang cukup jauh misalnya dari jarak area Theree point. Dia harus bisa bergerak dengan cepat dan mencari posisi ruang yang kosong agar dapat melepaskan tembakan – tembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shootingnya.

 

3. Posisi Small Forward (Small Forward)

 

Small Forward atau sering disebut SF mempunya tugas untuk mencetak angka. Dengan kata lain seorang Small Forward harus mampu atau dapat menerobos pertahanan lawan, melakukan lay-up atau dunk, ataupun juga melakukan tembakan – tembakan dari jarak-jarak tertentu. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punya teknik hebat dan juga jago dalam mencetak angka.

 

4. Posisi Power Forward (Power Forward)

Power Forward atau PF tugasnya yaitu untuk merebound bola. Rebound adalah mengambil bola pantul hasil tembakan yang gagal seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya pada sejarah, peraturan dan tehnik dasar bola basket. Rebound sangat penting, jika dalam pertahanan, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan musuh. Jika dalam penyerangan, rebound penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka. Biasanya posisi Powerd Forward ini dipegang oleh orang yang memiliki lompatan yang tinggi dan juga badannya yang cukup besar yang bisa untuk beradu fisik pada saat melakukan perebutan bola dengan lawan.

 

5. Posisi Center (C)

 

Center tugasnya di daerah pertahanan dan juga daerah penyerangan. Pada pertahanan, ia harus mampu mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekat seperti lay-up atau dunk musuh. Pada penyerangan, seorang center harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi manapun). Selain itu dia pun harus kuat beradu fisik dengan musuh untuk mencetak angka di bawah ring. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang badannya paling tinggi dan besar.