Apa saja contoh pembangunan berwawasan lingkungan?
Apa saja contoh pembangunan berwawasan lingkungan?

Apa saja contoh pembangunan berwawasan lingkungan?

Pertanyaan

Apa saja contoh pembangunan berwawasan lingkungan?

Jawaban

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan taman terbuka hijau ditengah kota sehingga mampu mengurangi tingkat polusi di kota. Contoh pembangunan berwawasan lingkungan membangun rumah dengan melihat kondisi fisik lokasi, apakah bisa didirikan bangunan dengan kondisi lokasi seperti itu, melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang sudah mati dan tidak digunakan sebagai lahan pemukiman lagi.

Penjelasan

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan yang berkelanjutan dengan melibatkan sumber daya alam secara optimal dengan mensejajarkan kelangsungan hidup manusia dalam menggunakan alam sehingga alam mampu menopang segala aktivitas manusia secara seimbang. Pembangunan berwawasan lingkungan sangat penting untuk diterapkan diberbagai tempat mengingat kondisi alam saat ini sangat membahayakan dan seringnya terjadi bencana alam yang sangat merugikan manusia.

Pembangunan berwawasan lingkungan dapat dimulai dengan melakukan reboisasi terhadap lahan-lahan kritis, lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan menopang kehidupan diperbaiki seperti pemukiman padat penduduk dilakukan perbaikan pola susun pemukiman. Diwilayah perkotaan perlu dibangun wilayah taman terbuka hijau, mengingat tingkat polusi diperkotaan sangat tinggi. Sehingga perlu dibuat penopang yang bisa mengendalikan sedikit polusi di udara.

Pelajari

  1. Materi tentang arti pembangunan wawasan lingkungan
  2. Materi tentang inti dari pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan
  3. Materi tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan lingkungan

=============

Kelas: 11

Mapel: 8

Bab: 3