Sebutkan 10 contoh hewan mollusca
Sebutkan 10 contoh hewan mollusca

Sebutkan 10 contoh hewan mollusca

Pertanyaan

Sebutkan 10 contoh hewan mollusca

Jawaban

10 contoh hewan Mollusca

1. Cumi-cumi (Teuthida)

2. Sotong (Sepiida)

3. Nautilus

4. Gurita (Octopoda)

5. Keong mahkota (Melongena corona)

6. Keong sawah (Pila ampullacea)

7. Kerang mutiara (Pinctada maxima)

8. Siput kebun (Cornu aspersum)

9. Siput air tawar (Limnaea sp)

10. Scapopoda, misalnya (Antalis vulgaris)

Penjelasan

Molusca adalah hewan bertubuh lunak, dengan kulit berlendir, dan tidak memiliki tulang belakang. Hewan jenis ini dapat memiliki cangkang.

Hewan jenis moluska ini termasuk:

• Cephalopoda

Cephalopoda adalah molusca yang hidup di laut. Cephalopoda memiliki ciri khas berupa adanya tentakel sebagai alat gerak yang terletak di bagian kepala. Selain itu, hampir semua cephalopoda memiliki tinta, yang dikeluarkan untuk melarikan diri.

Cephalopoda meliputi Cumi-cumi (Teuthida), Sotong (Sepiida), Nautilus, dan Gurita (Octopoda). Nautilus memiliki keunikan karena merupakan jenis Cephalopoda yang bercangkang.

• Siput (Gastropoda)

Siput atau gastropoda adalah salah satu kelas dari filum Moluska. Gastropoda dapat dibedakan dari moluska lainya dengan cara bergeraknya yang merambat dengan menggunakan otot perut.

Siput memiliki cangkang di bagian atas tubuhnya yang terusun dari kalsium. Cangkang ini berfungsi untuk melindunhi organ dalam siput.

Contoh siput misalnya adalah Siput kebun (Cornu aspersum), Siput air tawar (Limnaea sp), Keong mahkota (Melongena corona) dan Keong sawah (Pila ampullacea).

• Kerang (Bivalvia) 

Kerang merupakan molusca yang memiliki dua pasang cangkang, di atas dan di bawah. Kerang hidup di perairan, dan bermanfaat sebagai sumber makanan laut serta sebagai pembuat mutiara.

Contoh bivalvia adalah Kerang mutiara (Pinctada maxima).

• Siput taring (Scaphopoda)

Scaphopoda adalah jenis molusca yang unik, karena mirip siput dengan memiliki cangkang, namun bentuknya seperti taring, dan memiliki tentakel kecil dibagian kepala yang digunakan untuk berenang. Scaphopoda umumnya berukuran kecil, antara 5 sampai 10 cm.

Contoh scaphopoda adalah Antalis vulgaris.

Pelajari lebih lanjut    

Sebutkan 5 karakteristik siput?

————————————–

 

Kelas: VI

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Ciri-ciri Makhluk Hidup