Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim​
Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim​

Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim​

Pertanyaan

Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim​

Jawaban

Indonesia disebut sebagai negara maritim sebab merupakan:

  1. negara berbentuk kepulauan dengan 17508 pulau
  2. sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan
  3. berada di posisi strategis jalur perdagangan antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta antara benua Asia di sebelah utara dan Australia

Penjelasan

Indonesia memiliki lokasi strategis, di antara benua Asia di sebelah utara dan benua Australia di sebelah selatan dan di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan sekitar 17508 pulau, lima terbesar di antaranya adalah Pulau Papua, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Pulau-pulau ini terpisah oleh selat dan lautan.

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. Sekitar dari 64,97% wilayah Indonesia yang seluas 5.455.675 km2 berupa perairan, sementara hanya 35,03% dari wilayah Indonesia adalah daratan.

Bentuk geografis Indonesia yang berupa kepulauan dan letaknya di jalur perdagangan laut membentuk Indonesia sebagai Poros Maritim di dunia.

Lokasi strategis ini banyak kapal dagang yang melewati perairan Indonesia. Misalnya, kapal tanker pengangkut minyak bumi dan gas alam dari Timur Tengah harus melalui Selat Malaka di lepas pantai Sumatera, bila ingin menuju ke China atau Jepang. Demikian pula kapal kontainer pengangkut hasil industri China yang menuju Eropa dan Afrika harus melewati jalur ini.

Selain letak strategis, Poros Maritim didukung kekayaan sumber daya laut. Misalnya adalah berbagai ikan tangkapan seperti ikan tuna, teri, cakalang dan lainnya. Perikanan ini menjadi sumber penghidupan jutaan nelayan di Indonesia. Dengan potensi kelautan yang besar ini, Indonesia menjadi salah satu penghasil produk kelautan utama dunia.

Pelajari lebih lanjut keadaan alam pulau Jawa

Pelajari lebih lanjut faktor yang menyebabkan pulau Jawa lebih padat penduduknya 

Pelajari lebih lanjut jumlah pulau kecil dan besar di Indonesia

Letak Astronomis

Posisi astronomis Indonesia Indonesia berada pada koordinat 95 sampai 11 derajat bujur timur dan 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan. Wilayah Indonesia merupakan wilayah paling utara dunia dan tidak memotong Tropic of Cancer, yang langsung terkena sinar matahari dari atas. Posisi astronomisnya membuat Indonesia beriklim tropis dan memiliki tiga zona waktu. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, batas wilayah Indonesia adalah astronomis sebagai berikut: batas paling utara pada sudut 6°08’LU adalah Pulau We, Pulau Nangro Aceh Darussalam adalah yang paling utara. Batas paling selatan pada 11°15’S adalah Pulau Rote, pulau paling selatan di timur Nusa Tenggara. Batas paling barat 95º 5’barat adalah Pulau Beureuh, pulau paling barat Nanggroe Aceh Darussalam. Batas paling timur 11º05′ Bujur Timur adalah Sungai Terbang di kota Merauke, Papua.

Letak Geologis

Posisi geologi Indonesia adalah posisi wilayah Indonesia berdasarkan susunan batuan di permukaan. Posisi geologis Indonesia adalah sebagai berikut: – Indonesia merupakan persimpangan dua pegunungan besar di dunia: Lingkaran Mediterania dan Lingkaran Pasifik. -Indonesia terletak pada pertemuan Lempeng Litosfer, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. -Indonesia terdapat di tiga wilayah dangkal: Dataran Tinggi Sunda, Dataran Tinggi Sahul, dan Laut Mediterania Australia.

Letak Geografis

Terletak di antara dua samudera besar, Indonesia dipengaruhi oleh angin laut yang menyebabkan hujan lebat. Hal ini membuat Indonesia beriklim tropis. Selain itu, karena letak geografis Indonesia, Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup setiap enam bulan sekali. Selain beriklim tropis, Indonesia memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Hal ini dikarenakan posisi Indonesia yang berada di persimpangan. Maksud dari perpotongan ini adalah bahwa Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, dimana Asia bertemu Australia dan Samudera Hindia bertemu dengan Pasifik. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara tetangga karena lokasinya yang strategis dan aktivitas bisnis yang berkembang.

Kesimpulan

Jadi, letak wilayah Indonesia secara astronomis, geologis, geografis adalah sebagai berikut:

  1. Letak Astronomis : Koordinat 95º hingga 141º bujur timur dan 6º lintang utara hingga 11º lintang selatan.
  2. Letak Geologis : Berada di titik pertemuan dari tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik
  3. Letak Geografis : Kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

 

 

Kode: 11.8.1    

Mata Pelajaran: Geografi    

Materi: Bab 1 – Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia