Apa yang dimaksud ASEAN
Apa yang dimaksud ASEAN

Apa yang dimaksud ASEAN

Pertanyaan

Apa yang dimaksud ASEAN

Jawaban

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations, Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara) adalah organisasi kerjasama regional negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada didirikan pada 8 Agustus 1967 dan beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar

Penjelasan:

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967, ketika para menteri luar negeri dari lima negara – Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand – bertemu di Bangkok dan menandatangani Deklarasi ASEAN, yang lebih dikenal sebagai Deklarasi Bangkok.

Ke-lima menteri luar negeri yang mendirikan ASEAN ini adalah Adam Malik dari Indonesia, Narciso Ramos dari Filipina, Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Dalam perjalanannya, ASEAN kemudian melakukan perluasan dengan bergabungnya negara-negara lain di Asia Tenggara, sehingga Brunei, Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar akhirnya ikut bergabung.

ASEAN melakukan banyak kerjasama di berbagai bidang seperti bidang keamanan, ekonomi, dan olahraga.

Dalam bidang keamanan, negara-negara ASEAN terutama Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura, melakukan patroli pengamanan Selat Malaka dari bahaya perompak atau bajak laut. Selat Malaka adalah jalur perdagangan yang sangat penting, sehingga keamanan jalur pelayaran di seat ini sangat prnting bagi negara-negara ASEAN.

Dalam bidang Ekonomi, negara-negara ASEAN membentuk ASEAN Urea Project, dengan membangun pabrik pubuk urea di Malaysia. Pabrik ini berguna untuk menghasilkan pupuk yang penting dalam kegiatan pertanian padi di Asia Tenggara.

Dalam bidang olahraga, Indonesia dan negara-negara ASEAN lainya bekerja sama menyelenggarakan perlombaan olahraga SEA Games, dimana para atlet dari berbagai cabang olahraga berkompetisi menjadi yang terbaik.

ASEAN juga membentuk Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) yang memfasilitasi perdagangan bebas dan integrasi ekonomi regional ASEAN.

Pelajari lebih lanjut mengenai lambang ASEAN

Pelajari lebih lanjut manfaat MEA bagi Indonesia dan negara negara ASEAN

Pelajari lebih lanjut Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) 

 

Detail Jawaban

Kelas: IX      

Mata Pelajaran: IPS          

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara