Jelaskan latar belakang terbentuknya ASEAN!
Jelaskan latar belakang terbentuknya ASEAN!

Jelaskan latar belakang terbentuknya ASEAN!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang terbentuknya ASEAN!

Jawaban

ASEAN (Association of South East Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara adalah organisasi negara-negara Asia Tenggara yang dibentuk untuk menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi.  Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok.

Pembahasan

Latar belakang terbentuknya ASEAN adalah adanya persamaan letak geografis. kemiripan budaya, kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan Asia Tenggara.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, perhatikan paragraf 2 teks “ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga” pada buku tema 1 kelas 6.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini.

Pelajari

Latar belakang berdirinya ASEAN.

Tujuan berdirinya ASEAN.

Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi.

 

Detail Jawaban

Kelas: VI

Mapel: PKn

Bab: Selamatkan Makhluk Hidup (tema 1)