Plastik terbuat dari?
Plastik terbuat dari?

Plastik terbuat dari?

Plastik terbuat dari?

Kelas: X
Mata pelajaran: Kimia
Materi: Sifat, Pembuatan, Jenis dan Limbah Plastik
Kata Kunci: Plastik

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Plastik adalah bahan sintetis terbuat dari pengoolahan dengan proses polimerasi atau penyusunan rantai senyawa menggunakan bahan-bahan seperti minyak bumi.

Jawaban panjang:

Plastik adalah bahan sintetis yang dibuat dari pengolahan produk organik seperti senyawa hidrokarbon, yang berasal dari batubara, gas alam, dan minyak mentah.

 

Produksi dimulai dengan proses penyulingan di kilang minyak dimana fraksi minyak bumi yang tersusun atas senyawa hidrokarbon dipisahkan berdasar titik didihnya.

 

Fraksi yang digunakan pada industri plastik adalah kelompok hidrokarbon ringan berantai pendek yang disebutNaphtha. Naphta ini digunakan sebagai bahan utama dalam proses pembuatan polimer plastik. Contohnya dari nafta meliputi etilen (C2H4,) propilena (C3H6), dan butena (C4H8).

 

Pembuatan plastik dilakukan dengan polimerasi. Dengan menggunakan katalis, senyawa hidrokarbon di atas di rangkai menjadi rantai berulang yang disebut polimer.

 

Polimer ini dinamakan berdasar senyawa utama penyusunnya yang digabungkan menjadi rantai berulang. Misalnya  polietilen adalah plastik yang terbuatdari penyusunan rantai berulang (polimerasi) dengan menggunakan bahan etilen (C2H4).

 

Karena terbuat dari minyak bumi, maka senyawa plastik umumnya mudah terbakar.

 

Selain itu plastik juga sulit diurai, karena ikatan polimer ini yang kuat dan bahan dari plastik yang tidak bisa dicerna oleh makhluk hidup pengurai. Hal ini menimbulkan masalah pada lingkungan bila terjadi penimbunan limbah atau sampah plastik.