Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini
Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini

Pendidikan: Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini tugas soal Kelas: VI Mapel: PPKn Bab: Kepemimpinan (tema 7).

Pertanyaan:

Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini

Jawaban:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN dibentuk karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Dasar pertimbangan mendirian ASEAN adalah kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan. Pada 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok.

Ada sepuluh negara di Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN saat ini. Negara-negara anggota ASEAN tersebut adalah

  1. Indonesia.
  2. Malaysia.
  3. Thailand.
  4. Singapura.
  5. Filipina.
  6. Brunei Darussalam.
  7. Vietnam.
  8. Laos.
  9. Myanmar.
  10. Kamboja.

Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina merupakan lima negara pendiri ASEAN, yang bergabung pada 8 Agustus 1967 yang kemudian mendeklarasikan keanggotaannya melalui Deklarasi Bangkok. Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997. Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Para utusan dari kelima negara pendiri ASEAN adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

Penjelasan

ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967, di Bangkok, Thailand. ASEAN merupakan organisasi yang dibentuk untuk membahas mengenai permasalahan politik dan ekonomi yang terjadi di antara negara kawasan Asia Tenggara. Hal yang mendasari didirikannya ASEAN adalah adanya persamaan yang dimiliki antar negara dan adanya konflik internal maupun eksternal yang terjadi pada saat itu. Persamaan yang dimiliki oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah persamaan budaya, geografis, kepentingan dan nasib. Adapun konflik yang terjadi pada saat itu merupakan konflik yang terjadi baik secara internal maupun eksternal. Konflik ini memberikan dampak pada kondisi politik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dua hal ini menjadi dasar dari dibentuknya ASEAN. Persamaan dan permasalahan yang muncul menjadi dasar beberapa pemimpin berinisiatif untuk mendirikan ASEAN, yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kedamaian bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Pembentukan ASEAN disahkan dibentuk dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok (Deklarasi ASEAN) pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima menteri luar negeri yang menjadi wakil dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Kelima menteri ini adalah Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia), Tun Abdul Razak (Menteri Luar Negeri Malaysia), Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura), Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina) dan Thanat Koman (Menteri Luar Negeri Thailand). ASEAN saat ini memiliki sepuluh anggota yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. ASEAN memiliki lambang, yang biasa dikenal sebagai Lambang Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Lambang Perbara). Lambang ASEAN mempresentasikan kestabilan, kedamaian, kesatuan dan juga kedinamisan. Lambang ASEAN terdiri dari warna biru sebagai simbol kedamaian dan stabilitas, warna merah sebagai simbol keberanian dan kedinamisan, warna putih yang menggambarkan kemurnian, dan warna kuning yang menggambarkan kemakmuran. Warna-warna ini merupakan warna-warna yang digunakan dalam bendera negara-negara anggota ASEAN. Pada lambang ASEAN, terdapat sepuluh batang padi, yang melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN dan menggambarkan mimpi dari para pendiri ASEAN, dimana ASEAN terdiri atas negara-negara di Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas. Lingkaran dalam lambang ASEAN menggambarkan persatuan dari ASEAN.

Kesimpulan

Makna dari lambang yang tertera pada gambar A adalah kestabilan, kedamaian, kesatuan dan juga kedinamisan. Warna biru pada lambang ASEAN menggambarkan kedamaian dan stabilitas. Warna merah sebagai simbol keberanian dan kedinamisan. Warna putih menggambarkan kemurnian, dan warna kuning menggambarkan kemakmuran. Keempat warna ini merupakan warna yang digunakan dalam bendera negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, pada lambang ASEAN terdapat sepuluh batang padi, yang merupakan simbol dari sepuluh negara anggota, dan menunjukkan mimpi pendiri ASEAN, dimana ASEAN terdiri dari negara kawasan Asia Tenggara yang memiliki ikatan persahabatan dan solidaritas. Lingkaran dalam lambang ASEAN sendiri merupakan simbol persatuan ASEAN.

Pelajari

  1. Tujuan ASEAN
  2. Tujuan dibentuknya ASEAN
  3. Latar belakang berdirinya ASEAN