Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial!
Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial!

Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial!

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial! tugas soal Kelas: VII Mata pelajaran: IPS   Materi: Bab 4 – Dinamika Interaksi Manusia.

Pertanyaan:

Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial!

Jawaban:

Dua syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya komunikasi dan kontak sosial.

Penjelasan

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain atau kelompok. Interaksi sosial merupakan proses saling memengaruhi tindakan individu atau kelompok melalui simbol-simbol dan bahasa.

Interaksi sosial merupakan aspek fundamental manusia sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lainya di masyarakat.

Interaksi terjadi bila ada  komunikasi dan kontak sosial.

Komunikasi adalah peyampaian pesan dari satu orang atau kelompok ke pihak lain. Komunikasi memungkinkan terjadinya interaksi melalui pertukaran pendapat, ide, kebutuhan serta memungkinkan sikap dan perasaan suatu kelompok manusia atau orang perseorangan bisa diketahui oleh kelompok lain.

Komunikasi menimbulkan interaksi saat terjadinya kontak sosial atau hubungan antara kelompok dan individu dalam masyarakat. Kontak misalnya pertemuan atau transaksi jual beli. Kontak sosial tidak harus secara fisik, namun dapat melalui sarana komunikasi, seperti menggunakan telepon dan internet.

Pengertian interaksi sosial menurut para ahli

Berikut ini adalah 10 pengertian interaksi sosial menurut para ahli:

  1. Selo Soemardjan, interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama
  2. Homans, interaksi sosial merupakan suatu keadaan ketika suatu aktivitas (kegiatan) yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan memakai suatu tindakan oleh pasangannya.
  3. Soerjono Soekanto, interaksi sosial merupakan proses sosial tentang cara berhubung yang bisa dilihat jika individu dengan kelompok sosial saling bertemu lalu menentukan sistem dan hubungan sosial.
  4. Kimball Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial merupakan sebagai hubungan sosial antara individu dengan perorangan atau kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok secara dinamis.
  5. Gillin dan Gillin, interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu dan kelompok atau antar kelompok.
  6. Georg Simmel, interaksi sosial merupakan sejumlah masyarakat yang berinteraksi dan membentuk kesatuan yang permanen atau sementara.
  7. Macionis, interaksi sosial merupakan hubungan aksi dan reaksi seseorang dalam hubungannya dengan individu atau kelompok lain.
  8. Walgianto, interaksi sosial merupakan adanya hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain.
  9. Murdiyatmo dan Handayani, interaksi sosial merupakan hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial.
  10. Broom dan Selznic, interaksi sosial merupakan proses yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan seseorang tersebut memerlukan respon terhadap tindakan orang lain.

Pengertian interaksi sosial menurut A.W. Green. Interkasi sosial sebagai aktifitas yang saling mempengaruhi antar individu/kelompok dalam upayanya untuk memecahkan permasalahan dan merangkainya untuk mewujudkan tujuan-tujuan. Indonesia terdiri dari masyarakat yang kompleks dari ras, etnis, budaya, golongan, agama dan perbedaan lainnya sehingga menjadi masyarakat yang majemuk. Adanya interaksi sosial tersebut, keharmonisan di dalam masyarakat mampu diciptakan. Interaksi tersebut ada yang tersturktur ada pula yang tidak tersturktur.

Pertama, interaksi terstruktur yaitu pola kekerabatan yang telah mempunyai aturan-aturan khusus, mirip di pengadilan, interaksi antara hakim dan pengacara sudah terdapat aturan-aturannya. Kedua, interaksi yang tidak terstruktur yaitu interaksi yang terjadi di lapangan atau kehidupan sehari-hari yang tidak ada hukum bakunya. Interaksi sosial dapat terjadi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut

  • Interkasi sosial menurut A.W Greeen adalah suatu aktifitas yang saling mempengaruhi antar individu atau kelompok dalam upayanya untuk memecahkan permasalahan dan merangkainya untuk mewujudkan tujuan-tujuan. Masyarakat Indonesia terkenal sebagai masyarakat majemuk akan tetapi dengan adanya interaksi dapat menciptkan sebuah keharmonisan di dalam masyarakat baik secara tersturktur maupun tidak terstruktur.