Apa yang dimaksud GMT+7?
Apa yang dimaksud GMT+7?

Apa yang dimaksud GMT+7?

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Apa yang dimaksud GMT+7? tugas soal Kelas: XMata pelajaran: Geografi Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya.

Pertanyaan:

Apa yang dimaksud GMT+7?

Jawaban:

GMT+7 adalah wilayah dengan zona waktu yang memiliki perbedaan waku lebih maju (lebih cepat) sebesar 7 jam dari waktu GMT (Greenwich Mean Time), atau waktu standar yang berada di Greenwich, London.

Penjelasan

Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur.

Garis ini dimulai dari 0° yang berlokasi di Greenwich, London, Inggris Raya, ke arah timur sebanyak 180° Bujur Timur, dan kearah barat sebanyak 180° Bujur Barat. Waktu di London menjadi patokan dengan nama GMT (Greenwich Mean Time).

Pada wilayah yang terletak di timur London, akan memiliki zona waktu yang lebih maju (lebih cepat). Sebaliknya wilayah yang terletak di barat London, akan memiliki zona waktu yang lebih mundur (lebih lambat).

Misalnya pada wilayah dengan zona waktu GMT+7, wkatunya lebih cepat 7 jam dari GMT. Sehingga bila di London menunjukkan waktu 12.00, maka di wilayah GMT+7 waktunya adalah pukul 19.00

Wilayah-wilayah yang masuk dalam zona waktu GMT+7 antara lain adalah:

  1. Indonesia bagian barat (pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah).
  2. Negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam
  3. Wilayah Krasnoyarsk di Russia

Pelajari

Jelaskan terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat di planet bumi akibat rotasi bumi!