Meyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah…
Meyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah…

Meyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah…

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Meyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah… tugas soal Kelas : X Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kategori : Dakwah.

Pertanyaan:

Meyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah

Jawaban:

Secara singkat, menyampaikan nasihat melalui ceramah termasuk kategori dakwah bil Lisan.

Penjelasan:

Dakwah merupakan salah satu kewajiban bagi setiap insan manusia. Dakwah sendiri bermakna seruan, ajakan, maupun rayuan yang ditujukan kepada orang lain guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dakwah ini pun terdiri dari berbagai jenis, diantaranya seperti Dakwah bil Lisan, Dakwah bil al – Hal, Dakwah bit Tadwin, Dakwah Fardiah, Dakwah Ammah, serta Dakwah bil Hikmah.

1.    Dakwah bil Lisan, merupakan dakwah yang dilakukan secara langsung untuk menghasilkan interaksi dengan menggunakan lisan. Contoh dakwahnya semisal seperti pengajian, ceramah, dsb.

2.    Dakwah bil Al – Hal, merupakan dakwah menggunakan tindakan atau sikap terpuji guna memberikan contoh kepada orang lain.

3.    Dakwah bit Tadwin, merupakan dakwah yang dilakukan tidak secara langsung yaitu menggunakan media cetak maupun media elektronik.

4.    Dakwah Fardiah, merupakan dakwah yang dilakukan secara spontan karena melihat sesuatu hal yang bertentangan dengan syariat agama. Dakwah ini pun biasanya ditujukan untuk perorangan maupun kelompok kecil.

5.    Dakwah Ammah, merupakan dakwah yang dilakukan hampir serupa dengan Dakwah bil Lisan, hanya saja dakwah ini bersifat seperti pidato, contohnya Khotbah Jum’at.

6.    Dakwah bil Hikmah, merupakan dakwah yang dilakukan secara persuasi baik terhadap perseorangan maupun kelompok. Dakwah ini dilakukan dengan lembut, bertahap, dan pelan – pelan, sehingga pendakwah dapat mempengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku sesuai dengan yang diinginkan pendakwah.