Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah swt.!​
Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah swt.!​

Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah swt.!​

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah swt.!​ tugas soal Kelas : 8 Mapel : Agama Islam Bab : Iman Kepada Kitab Allah SWT.

Pertanyaan:

Jawaban:

Iman kepada Kitab Allah SWT adalah iman atau meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah menurunkan kitab suci sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya dan sebagai pedoman hidup manusia hingga akhir zaman nanti.

 

Penjelasan :

Jadi beriman kepada kitab allah SWT perlu adanya meyakini dengan sepenuh hati bahwa allah SWT telah menurunkan kitab-kitabnya kepada para nabi yang berisi wahyu allah sebagai pedoman hidup untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia

Cara beriman kepada kitab Allah SWT :

-Mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

– Mempercayai kitab-kitab tersebut sebagai wahyu dari Allah swt

– Memahami maksud atau isinya yang dapat mengamalkannya kita harus paham yang berkaitan kitab tersebut diturunkan oleh allah SWT

Kitab- kitab yang telah diturunkan kepada para Rasil Allah ditujukan agar manusia kembali kepada keimanan yang benar dan sempurna. Iman kepada kitab-kitab Allah masih satu ikatan dengan kepada lainnya. Beriman kepada kitab-kitab Allah swt. merupakan rukun Iman yang ketiga dalam agama Islam. Kitab Allah diturunkan sebagai rahmat dan petunjuk bagi umat manusia untuk menggapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Iman kepada kitab- kitab Allah artinya meyakini dengan benar, bahwa Allah telah menurunkan wahyu kepada para Rasul-Nya dengan pelantara yang sebagian relah dibukukan menjadi Kitab.

Nama kitab Allah ada Empat, yaitu

  • Kitab suci Taurat dibawa Nabi Musa a.s
  • Kitab suci Zabur dibawa Nabi Daud a.s
  • Kitab suci Injil dibawa Nabi Isa a.s
  • Kitab suci Al-Quran dibawa Nabi Muhammad saw.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: قُوْلُوْۤا اٰمَنَّا بِا للّٰهِ وَمَاۤ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَاۤ اُنْزِلَ اِلٰۤى اِبْرٰهٖمَ وَاِ سْمٰعِيْلَ وَاِ سْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَ الْاَ سْبَا طِ وَمَاۤ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَاۤ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْ ۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ quuluuu aamannaa billaahi wa maaa ungzila ilainaa wa maaa ungzila ilaaa ibroohiima wa ismaa’iila wa is-haaqo wa ya’quuba wal-asbaathi wa maaa uutiya muusaa wa ‘iisaa wa maaa uutiyan-nabiyyuuna mir robbihim, laa nufarriqu baina ahadim min-hum wa nahnu lahuu muslimuun

“Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah, dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan ‘Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami berserah diri kepada-Nya.”” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 136)

Kesimpulan

Jelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah Swt.!

Iman kepada kitab- kitab Allah artinya meyakini dengan benar, bahwa Allah telah menurunkan wahyu kepada para Rasul-Nya dengan pelantara yang sebagian relah dibukukan menjadi Kitab.