Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu…
Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu…

Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu…

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu… tugas soal Kelas: VI Mapel: IPS Bab: Bab 2 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia Negara-Negara Tetangga.

Pertanyaan:

Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu…

Jawaban:

Wilayah negara Indonesia dikelilingi oleh dua samudra, yakni samudra Hindia dan samudra Pasifik. Selain dua samudra, Indonesia juga diapit oleh dua benua, yakni benua Australia dan benua Asia. Ini merupakan letak wilayah Indonesia secara geografis.

Pembahasan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak negara Indonesia di bumi ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu letak secara astronomis, letak secara geografis, serta batas batas Indonesia dengan negara di sekitarnya.

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada letaknya di permukaan bumi. Indonesia secara geografis terletak diantara dua benua dan dua samudra.

Samudra Hindia dan samudra Pasifik serta benua Asia dan benua Australia. Samudra Hindia terletak di bagian selatan dan barat Indonesia. Samudra Pasifik berbatasan dengan wilayah Indonesia bagian timur laut.

Benua Asia berada berbatasan dengan wilayah Indonesia di sebelah utara. Sedangkan benua Australia berbatasan di bagian timur dan selatan wilayah Indonesia.

Selain itu, secara astronomis Indonesia terletak di 6 derajat Lintang Utara (LU) – 11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT) – 144 derajat Bujur Timur (BT). Dengan letak astronomis ini, Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa.

 

Pelajari

  1. Materi tentang letak dan batas batas geografis Indonesia
  2. Materi tentang batas-batas wilayah Indonesia
  3. Materi tentang letak geografis negara Indonesia