Doa Sesudah Sholat Hajat

Sholat hajat merupakan sholat yang dilakukan ketika seseorang membutuhkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Sholat hajat tidak hanya dilakukan untuk kebutuhan material, namun juga bisa untuk kebutuhan spiritual. Setelah melakukan sholat hajat, ada doa yang biasa dibaca untuk meminta kepada Allah SWT agar permohonan kita dikabulkan. Berikut ini adalah doa sesudah sholat hajat yang bisa diamalkan.

Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ بِهِ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صلى الله عليه وسلم وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا طَلَبَكَ بِهِ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صلى الله عليه وسلم وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَيْكَ الْبَلَاغُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan yang diminta oleh Nabi-Mu Muhammad SAW, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang diminta oleh Nabi-Mu Muhammad SAW. Engkaulah tempat meminta pertolongan dan segala pujian hanya untuk-Mu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar”.

Doa Kedua

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الْعَظِيْمِ الَّذِيْ إِذَا دُعِيْتَ بِهِ أَجَبْتَ، وَبِاسْمِكَ الْأَعْظَمِ الَّذِي إِذَا سُئِلْتَ بِهِ أَعْطَيْتَ، وَبِاسْمِكَ الْأَعْلَى الَّذِي إِذَا سَأَلْتَ بِهِ رَحِمْتَ، أَنْ تَغْفِرَ لِيْ وَتَرْحَمَنِيْ، وَتَقْبَلَ مِنِّيْ مَا أَنَا فِيْهِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu yang Maha Agung, yang jika di panggil dengan nama itu maka Engkau akan mengabulkan, dengan nama-Mu yang Maha Besar, jika di tanyakan dengan nama itu maka Engkau akan memberi, dan dengan nama-Mu yang Maha Tinggi, jika di mohon dengan nama itu maka Engkau akan memberi rahmat. Aku memohon agar Engkau mengampuni dosa-dosaku, memberi rahmat padaku, dan menerima apa yang aku lakukan”.

Doa Ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا وَمَا بَعْدَهَا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang ada di dunia dan akhirat, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku sendiri, dari kejahatan setan dan syirik”.

Doa Keempat

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan akibat cobaan, dari kesengsaraan, dari kejelekan takdir dan dari kegembiraan musuh”.

Doa Kelima

اللهم اجعل لي من كل هم فرجاً، ومن كل ضيق مخرجاً، ومن كل بلاء عافيةً

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepadaku kelapangan hati dari setiap kesedihan, jalan keluar dari setiap kesulitan, dan kesehatan dari setiap penyakit”.

Doa Keenam

اللهم إني أسألك العفو والعافية في الدنيا والآخرة

Artinya: “Ya Allah, aku memohon ampunan dan kesehatan di dunia dan akhirat”.

Doa Ketujuh

اللهم إني أسألك الجنة وما قرب إليها من قول وعمل، وأعوذ بك من النار وما قرب إليها من قول وعمل

Artinya: “Ya Allah, aku memohon surga dan segala amalan yang mendekatkan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala amalan yang mendekatkan kepadanya”.

Kesimpulan

Itulah beberapa doa sesudah sholat hajat yang bisa diamalkan. Setelah melakukan sholat hajat dan membaca doa, kita harus tetap berusaha dan tawakal kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang mampu memenuhi segala kebutuhan kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan dalam hidup kita. Aamiin.