Arti Al Falaq

Al Falaq adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 5 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyah karena diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Al Falaq memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam, karena surat ini mengandung doa yang berfungsi sebagai perlindungan dari segala macam bahaya dan kejahatan.

Arti Al Falaq Ayat Pertama

Arti dari ayat pertama Al Falaq adalah “Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh dari kejahatan yang diciptakannya”. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala macam kejahatan dan bahaya yang mengancam diri kita.

Arti Al Falaq Ayat Kedua

Arti dari ayat kedua Al Falaq adalah “Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan orang yang meniup pada buhul-buhul”. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala macam kejahatan yang terjadi pada malam hari, termasuk juga dari orang-orang yang ingin berbuat jahat kepada kita.

Arti Al Falaq Ayat Ketiga

Arti dari ayat ketiga Al Falaq adalah “Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari orang-orang yang dengki dan iri hati terhadap kita, karena mereka dapat membahayakan kita secara langsung maupun tidak langsung.

Arti Al Falaq Ayat Keempat

Arti dari ayat keempat Al Falaq adalah “Dan dari kejahatan hasad apabila ia hasad”. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari rasa iri hati yang berlebihan, karena hal tersebut dapat membuat kita melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Arti Al Falaq Ayat Kelima

Arti dari ayat kelima Al Falaq adalah “Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan orang yang meniup pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki, dan dari kejahatan hasad apabila ia hasad”. Ayat ini merupakan rangkuman dari doa perlindungan yang terdapat dalam surat Al Falaq.

Manfaat Membaca Surat Al Falaq

Membaca surat Al Falaq memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, diantaranya adalah:

  • Sebagai perlindungan dari segala macam bahaya dan kejahatan
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah
  • Menjauhkan diri dari perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama
  • Menjadikan diri lebih dekat dengan Allah SWT

Cara Membaca Surat Al Falaq

Untuk membaca surat Al Falaq, sebaiknya dilakukan setiap pagi dan petang. Berikut ini adalah cara membaca surat Al Falaq:

  1. Baca basmalah terlebih dahulu
  2. Baca surat Al Falaq sebanyak 3 kali
  3. Baca doa perlindungan setelah membaca surat Al Falaq

Doa Perlindungan Setelah Membaca Surat Al Falaq

Setelah membaca surat Al Falaq, sebaiknya kita mengucapkan doa perlindungan. Berikut ini adalah doa perlindungan setelah membaca surat Al Falaq:

“A’udzu bi kalimatillahit-tammati min sharri ma khalaq”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya”.

Kesimpulan

Surat Al Falaq adalah surat dalam Al-Quran yang memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam. Surat ini mengandung doa perlindungan dari segala macam bahaya dan kejahatan. Membaca surat Al Falaq memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, diantaranya sebagai perlindungan, menenangkan hati dan pikiran, menambah keimanan, menjauhkan diri dari perilaku tidak sesuai dengan ajaran agama, dan menjadikan diri lebih dekat dengan Allah SWT. Sebaiknya membaca surat Al Falaq setiap pagi dan petang, serta mengucapkan doa perlindungan setelah membacanya.