Pendidikan: Sebutkan letak astronomis benua asia!

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Sebutkan letak astronomis benua asia! Kelas: 7 SMP Mapel: Geografi

Pertanyaan:

Sebutkan letak astronomis benua asia!

Jawaban:

Letak astronomis benua asia

Benua Asia terletak di antara garis 77°LU – 11° LS dan 26°BT – 169° BT.

Batas geografisnya adalah:

a. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.

b. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

c. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.

d. Sebelah barat berbatasan dengan Pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan Laut Merah.

 

Benua Asia mempunyai keadaan alam paling beragam di dunia. Di benua Asia terdapat gunung dan pegunungan, sungai-sungai gurun, lembah serta hutan belantara.

Rangkaian pegunungan yang utama di Asia adalah pegunungan Altai dan pegunungan Himalaya. Pegunungan Altai membentang sejauh 1600 km dari tenggara ke barat laut. Pegunungan Altai terbagi atas pegunungan Altai di Rusia, Mongol dan Gobi.

Pegunungan Himalaya terletak di timur laut Pamir Knot yang membentang Selatan. Di timur Pamir Knot membentang pegunungan karakorum hingga ke Tibet.

Sungai-sungai utama di Asia adalah sungai Eufrat dan Tigris yang terletak di Asia Barat Daya. Sungai Indus Brahmaputra dan

Gangga terletak di Asia Selatan Sungai Huang Ho dan Yangtze terletak di Asia Timur.

Gurun-gurun di Benua Asia diantaranya adalah gurun Gobi di Cina dan Mongolia terletak di India dan Pakistan.

 

Penjelasan

Benua terbesar di dunia adalah benua Asia yang luas wilayahnya diperkirakan antara 43-44 juta kilometer persegi. Benua ini juga merupakan wilayah yang terbentang dari Samudra Hindia hingga Samudra Arktika dan dari Samudra Pasifik hingga Pegunungan Ural. Luas benua ini secara umum terdiri dari luas daratan termasuk di dalamnya beberapa kepulauan dan luas perairan yang terdiri dari beberapa wilayah samudra bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa daratan yang ada pada bumi ini satu pertiganya merupakan benua Asia. Benua ini dikenal dengan nama benua ”Timur” yang dibagi menjadi beberapa wilayah antara lain asia tengah, asia timur, asia tenggara, asia selatan, dan asia barat. Letak Astronomis benua ini berada di antara 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS sedangkan secara Geografisnya letak benua ini diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika, juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Benua ini sebagian besar terletak di belahan bumi utara, dan sebagian kecil terletak di belahan bumi selatan. Selain letak Astronomis dan Geografisnya, benua ini memiliki batas-batas antara lain: Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktika.

Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Selat Bering, dan Laut Bering.

Sebelah selatan benua ini berbatasan dengan Samudra Hindia dan Australia.

Sebelah barat benua ini berbatasan dengan Pegunungan Ural, Laut Merah, Laut Kelapa, Selat Bosphorus, dan Selat Dardanella.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa benua Asia merupakan benua terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah satu pertiga luas dari bumi ini atau berkisar antara 43-44 juta kilometer persegi. Letak Astronomis benua ini berada di antara 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS sedangkan secara Geografisnya letak benua ini diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika, juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Jadi untuk soal diatas letak astronomis Benua Asia adalah 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS.