Pendidikan: Jelaskan nilai demokrasi pancasila jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya

Berikut ini kunci jawaban sudah terverifikasi ahli tentang Jelaskan nilai demokrasi pancasila jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya tugas soal Kelas : VIII Kategori : Bab 4 – Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan.

Pertanyaan

Jelaskan nilai demokrasi pancasila apabila dibandingkan dengan demokrasi lainnya!

Jawaban

Indonesia merupakan salah satu negara yang dalam menjalankan Tata Negaranya menggunakan sistem demokrasi. Sistem demokrasi sendiri memungkinkan setiap warga negara memiliki peran dalam pemerintahan, salah satunya dalam mengusung pemimpin dan dalam penentuan kebijakan publik.

 

Penjelasan

Indonesia memang menggunakan sistem Tata Negara Demokrasi, akan tetapi demokrasi yang dimiliki Indonesia berbeda dengan demokrasi yang berada di negara lain. Apabila di Amerika Serika menjalankan sistem demokrasi namun demokrasi liberal, maka di Indonesia memiliki sistem demokrasi pancasila. Demokrasi Pancasila sendiri memiliki nilai-nilai khusus, yaitu bahwa demokrasi pancasila memiliki nilai kerakyatan, nilai permusyawaratan, serta nilai hikmat kebijaksanaan, dimana ke-3 nilai tersebut telah tertuang dalam sila ke-4 Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

  • Nilai Kerakyatan, bermakna bahwa dalam penerapan demokrasi pancasila, seluruh elemen masyarakat memiliki hak dan wewenang dalam ikut turut serta dalam pengambilan keputusan yang dilakukan pemerintah.
  • Nilai Permusyawaratan, bermakna bahwa dalam penerapan demokrasi pancasila, suatu pemerintahan harus berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Nilai Hikmat Kebijaksanaan, bermakna bahwa dalam penerapan demokrasi pancasila, harus terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuaan, kerakyatan, serta keadilan di dalamnya.

 

Kesimpulan

Terdapat 3 nilai yang terkandung dalam demokrasi pancasila, yaitu nilai kerakyatan, nilai permusyawaratan, serta nilai hikmat kebijaksanaan.

 

Pelajari

  1. Karakter Utama demokrasi Pancasila.
  2. Keunggulan sistem demokrasi Pancasila dibandingkan demokrasi di negara lainnya.
  3. Pengertian Demokrasi.