Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh…
Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh…

Pendidikan: Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh…

Berikut ini kunci jawaban tentang pertanyaan Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh…

Pertanyaan:

Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh…

a. gen dan lingkungan
b. tingkah laku dan gen
c. gen dan faktor abiotik
d. faktor abiotik dan biotik
e. gen dan makanan

Jawaban:

Keanekaragaman spesies ditentukan oleh faktor gen dan lingkungan.

Sedangkan tingkah laku faktor abiotik dan biotik tidak menentukan faktor dari terjadinya keanekaragaman spesies pada makhluk hidup.

Penjelasan :

Keanekaragaman hayati adalah derajat keanekaragaman sumber daya alam hayati, meliputi jumlah maupun frekuensi dari ekosistem, spesies, maupun gen di suatu daerah. Keanekaragaman hayati dapat ditinjau dari tiga tingkatan yaitu, keanekaragamn tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis, dan keanekaragaman tingkat ekosistem. Keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanya persamaan ciri antara makhluk hidup. Keanekaragaman hayati sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Keanekaragaman hayati disebut juga biodiversitas. Pada dasarnya keanekaragaman melukiskan keadaan yang bermacam – macam terhadap suatu benda yang terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal, ukuran, bentuk, tekstur maupun jumlah. Sedangkan kata hayati dapat diartikan sebagai keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup yang bisa terjadi akibat adanya perbedaan – perbedaan. Keanekaragaman hayati sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Keanekaragaman dapat terjadi akibat proses evolusi dan adaptasi.

Keanekaragaman Spesies (Diversity Species) adalah variasi keanegaragaman spesies  baik tumbuham, hewan dan organisme yang hidup di suatu ekosistem atau tempat tertentu. keanekaragaman pada suatu spesies yang dapat terlihat dari ciri – ciri fisiknya misalnya pada bentuk, ukuran, tubuh, warna, kebiasaan hidup, dll. Contohnya pada keluarga kucing, terjadi keanekaragaman hayati pada harimau, singa, cheetah, dan kucing.

Keanekaragaman spesies di pengaruhi oleh dua faktor yaitu:

  1. faktor keturunan atau faktor genetik, disebabkan oleh adanya gen yang dimana akan memberikan sifat dasar atau bawaan pada suatu spesies.
  2. faktor lingkungan, disebabkan oleh adanya intraksi dari lingkungan sekitar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari spesies.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh dua faktor yaitu gen dan lingkungan. Jadi, jawaban yang tepat berdasarkan penjelasan diatas adalah A. Gen dan lingkungan