Contoh Cerita fantasi total
Contoh Cerita fantasi total

Contoh Cerita fantasi total

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Contoh Cerita fantasi total Tugas Soal Mapel : Bahasa Indonesia Kelas : 7 SMP Materi : Bab 2 – Memahami dan Menciptakan Cerita Fantasi.

Pertanyaan:

Contoh Cerita fantasi total

Jawaban:

Berikut ini adalah Contoh Cerita fantasi total.

============= Peperangan Galaksi dan Planet =============

Suatu hari, Jupiter dan Andromeda sedang ingin berbicara santai-santai sambil meminum sebuah cangkir teh. Jupiter pun merasa ingin bertanya bagaimana cara menjadi si Andromeda yang kuat dan tangguh dalam berperang. Andromeda pun menyombongkan dirinya di depan Jupiter. Namun, Jupiter menganggap hal tersebut hanya sebuah angin belaka karena kedekatan mereka berdua.

 

Tetapi, kala itu Jupiter dan Andromeda bersama-sama bertarung melawan Neptunus dan Venus. Namun, Jupiter sendiri tidak ingin melakukan hal tersebut karena tidak ingin teman-temannya hancur karena si Andromeda yang sangat sombong. Alhasil, setelah Neptunus dan Venus kalah. Andromeda melawan sang Jupiter dengan sombongnya dia berkata “Aku akan mengalahkanmu dan seluruh galaksi akan menjadi milikku. HAHAHA!”. Jupiter pun menganggapinya dengan santai dengan berkata “Baiklah.”

 

Setelah itu, Jupiter menyiapkan pasukan dan begitu pula dengan Andromeda. Jupiter melakukan pertempuran dengan elemen kejutan. Setelah melakukan itu, Andromeda sempat kewalahan dan akhirnya Andromeda musnah dan kalah. Jupiter pun merasa senang dan sedih karena kehilangan teman-temannya.

 

Penjelasan:

Hal ini disebut dengan cerita fantasi. Cerita fantasi adalah sebuah cerita dimana seluruh kejadian yang terjadi mulai dari perilaku, latar dan suasana yang tercipta merupakan sebuah khayalan dari seorang penulis. Cerita fantasi tidak terlalu susah dibuat dan hanya menggunakan imajinasi untuk membuat sebuah cerita utuh. Cerita fantasi juga mengandalkan karakter-karakter yang aksinya diluar dugaan atau bentuk yang diluar dugaan. Seperti planet bertarung.

 

Jenis Cerita Fantasi

Berikut adalah dua jenis cerita fantasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

  • Cerita Fantasi Irisan. Cerita fantasi yang masih melibatkan dunia nyata dalam ceritanya, namun sebagian cerita lagi diluar nalar manusia. Misalnya kejadian Danau Toba.
  • Cerita Fantasi Total. Cerita fantasi yang melibatkan imajinasi penulis dalam seluruh ceritanya tanpa ada libatan dunia nyata sedikit pun. Seperti Nyi Roro Kidul.

 

Struktur Cerita Fantasi

Cerita fantasi memiliki lima buah struktur, diantaranya sebagai berikut :

 

  • Judul cerita.
  • Orientasi => menceritakan tentang awal-awal permasalahan sebuah cerita atau konflik. Serta memperkenalkan seluruh latar dan tokoh dalam cerita yang terlibat.
  • Konflik => menceritakan tentang permasalahan sebuah cerita. Disebut sebagai bagian puncak cerita fantasi.
  • Resolusi => menceritakan tentang cara penyelesaian masalah tersebut dengan berbagai cara yang dilakukan.
  • Koda => terdapat dua penutup diantaranya yang senang (happy ending) atau yang sedih (sad ending)

 

Pelajari:

  • Jenis cerita fantasi.
  • Contoh cerita fantasi irisan.