Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha?
Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Berikut ini adalah jawaban yang sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha? tugas soal Kelas : IX (3 SMP) Mapel : IPS Bab : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia.

Pertanyaan:

Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Jawaban:

Yang dimaksud dengan wirausaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang berani mengambil resiko untuk membaca peluang sebuah usaha yang akan atau sedang dilakukannya.

Penjelasan:

Banyak sekali kita temui diluar sana orang bekerja sebagai wirausaha atau wiraswasta, pekerjaan jenis ini tentu banyak sekali peluangnya, selama ia bisa membaca peluang, maka kesempatan ia untuk mendapatkan uang juga lebih besar.

Para wirausaha biasanya bekerja sendiri, mengupayakan usahanya, jika usaha semakin besar biasanya kita akan mengenalnya dengan sebutan pengusaha, pengusaha ini sama seperti wirausaha yaitu mereka yang berani mengambil resiko dan membaca peluang bisnis.

Para wirausaha ini juga membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan pengangguran, oleh sebab itu tidak jarang mereka yang mampu membesarkan usahanya memerlukan banyak tenaga kerja. Berikut ini beberapa ciri seorang wirausaha antara lain

  • Percaya diri
  • Mampu berkreativitas dan berinovasi
  • Berorientasi pada tugas dan hasil
  • Berani dalam mengambil resiko
  • Berorientasi pada masa depan
  • Mampu memimpin

Dan para pengusaha atau wirausahawan ini bekerja dengan menggunakan badan usaha, baik perorangan maupun kelompok, mulai dari usaha kecil sampai dengan usaha besar.

Pelajari:

1. Materi tentang persiapan dalam menganalisis peluang usaha.

2. Materi tentang ide dan peluang usaha.

3. Materi tentang analisis peluang usaha.