Apa kepanjangan dari ASEAN?
Apa kepanjangan dari ASEAN?

Apa kepanjangan dari ASEAN?

Kunci Jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Apa kepanjangan dari ASEAN? tugas soal  Kelas: VI Mata pelajaran: PPKN Materi: Bab 3 – Peran Indonesia dalam Lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.

Pertanyaan:

Apa kepanjangan dari ASEAN?

Jawaban:

Kepanjangan dari ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations

Penjelasan:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations, Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara) didirikan pada 8 Agustus 1967, ketika para menteri luar negeri dari lima negara – IndonesiaMalaysiaFilipinaSingapura, dan Thailand – bertemu di Bangkok dan menandatangani Deklarasi ASEAN, yang lebih dikenal sebagai Deklarasi Bangkok.

Ke-lima menteri luar negeri yang mendirikan ASEAN ini adalah Adam Malik dari Indonesia, Narciso Ramos dari Filipina, Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Dalam perjalanannya, ASEAN kemudian melakukan perluasan dengan bergabungnya negara-negara lain di Asia Tenggara, sehingga BruneiVietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar akhirnya ikut bergabung.

ASEAN melakukan banyak kerjasama di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya. Salah satunya adalah Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) yang memfasilitasi perdagangan bebas dan integrasi ekonomi regional ASEAN.

Pelajari lebih lanjut mengenai lambang ASEAN 

Pelajari lebih lanjut manfaat MEA bagi Indonesia dan negara negara ASEAN 

Pelajari lebih lanjut Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA)