Jelaskan pengertian lembaga sosial…
Jelaskan pengertian lembaga sosial…

Jelaskan pengertian lembaga sosial…

Berikut Ini adalah Kunci Jawaban Pertanyaan Yang Sudah Terverifikasi Ahli tentang pertanyaan: Jelaskan pengertian lembaga sosial… tugas soal Kelas : VII Mapel : IPS Bab : Kelas 7 IPS Bab 2 – Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial.

Pertanyaan:

Jelaskan pengertian lembaga sosial…

Jawaban:

Pengertian lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Penjelasan:

Lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Lembaga sosial memiliki 5 jenis, diantaranya jenis-jenis lembaga sosial adalah :  

  1. Lembaga Keluarga.
  2. Lembaga Agama.
  3. Lembaga ekonomi.
  4. Lembaga Pendidikan, dan
  5. Lembaga Politik.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Pengertian lembaga sosial.
  2. Fungsi lembaga sosial.
  3. Jenis lembaga sosial.

Penjelasan Soal Pengertian Lembaga Sosial

Menurut koentjaraningrat adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Jadi pranata sosial merupakan himpunan norma-norma atau sistem tata kelakuan yang mengatur hubungan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.
Menurut Peter L. Berger lembaga sosial merupakan seperangkat aturan dan prosedur yang bersifat memaksa individu untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan tertentu, dalam hal ini lembaga sosial bergerak dalam pola tertentu yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto lembaga sosial merupakan serangkaian norma yang mengatur hubungan sosial masyarakat sekaligus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia di dalam masyarakat.
Berdasarkan pengertian dari beberapa ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa lembaga sosial merupakan seperangkat norma aturan yang mengatur hubungan antar individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat. Seperangkat norma dan aturan tersebut dibentuk oleh masyarakat itu sendiri untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu dan memunuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Contoh lembaga sosial

Sekolah: sekolah merupakan lembaga sosial yang bergerak dibidang pendidikan, sekolah ,merupakan tempat seseorang untuk mempelajari berbagai hal untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan potensi diri. Sekolah sendiri memiliki berbagai jenis atau jenjang baik dari sekolah SD, SMP, SMA dan lain sebagainya.
Keluarga: keluarga merupakan lembaga sosial yang paling sederhana dan paling dekat dengan kehidupan individu, hal ini karena hampir setiap hari seseorang melakukan intrekasi dengan lembaga keluarga bahkan sejak ia lahir sampai meninggal seseorang pada umumnya memiliki ketergantungan terhadap keluarga, Lembaga keluarga juga memiliki peran besar dalam membentuk karakteristik dan kepribadian individu.

Jawaban Akhir dan Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa lembaga sosial merupakan seperangkat norma atau aturan yang mengatur hubungan sosial masyarakat, memiliki sifat memaksa dan memiliki pola tertentu yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.