Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?
Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?

Berikut Ini Adalah Jawaban Yang Sudah Terverifikasi Ahli tentang Pertanyaan Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia  Mapel  : PPKn Kelas : X Bab : Kelas 10 PPKn Bab 5 – Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pertanyaan:

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?

Jawaban:

Alasan mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia adalah, karena dengan adanya persatuan, Bangsa Indonesia memiliki modal dasar dalam menghadapi ATHG, sehingga Integrasi Nasional dapat senantiasa terjaga dan bangsa ini dapat terhindar dari jurang Disentegrasi Nasional.

 

Penjelasan:

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

Pertanyaan yang adik ajukan adalah pertanyaan yang terdapat dalam buku PPKn, Kelas X, Bab 5 Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Halaman 145. Berikut penjelasannya.

1. Apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Jawab :  Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu.

2. Apa hubungan persatuan dan keberagaman?

Jawab :  Persatuan dan keberagaman memiliki hubungan dalam upaya menjaga integrasi bangsa di dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika untuk menyiasati dan mengantisipasi kemungkinan adanya ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan) terhadap kesatuan bangsa.

3. Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Jawab :  Alasan mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia adalah, karena dengan adanya persatuan, Bangsa Indonesia memiliki modal dasar dalam menghadapi ATHG, sehingga Integrasi Nasional dapat senantiasa terjaga dan bangsa ini dapat terhindar dari jurang Disentegrasi Nasional.

 

4. Bagaimana menjaga komitmen persatuan?

Jawab :  

Cara menjaga komitmen persatuan adalah :

  • Adanya kesadaran dan sikap warga negara untuk melakukan bela negara.
  • Menghindari sikap dan perilaku yang dapat menimbulkan konflik vertikal maupun konflik horizontal.
  • Menumbuhkan sikap toleransi dan tenggang rasa.
  • Pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup warga negara.

 

5. Buatlah pertanyaan lain!

Jawab :

  • Apa makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah Walaupun Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari berbagai Suku, Agama, Ras, Budaya, dsb, namun tetap menjadi satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air.
  • Apa yang akan terjadi apabila Indonesia tidak memiliki persatuan dalam keberagaman? Yang akan terjadi apabila tidak ada persatuan dalam keberagaman adalah Bangsa Indonesia tidak akan mampu menghadapi berbagai ATHG bangsa, sehingga akan mempermudah bangsa Indonesia untuk terpecah belah.
  • Dimanakah letak semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam lambang negara kita? Letak semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam lambang negara kita adalah pada kaki lambang negara Garuda Pancasila.

 

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Tugas Mandiri 5.1 Halaman 147 Kelas X,
  2. Tugas Mandiri 5.2 Nama provinsi, bahasa daerah, rumah adat, dan tarian,
  3. Tugas Mandiri 5.3 Tabel 5.2 Sikap dan Komitmen Persatuan.